STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA PADA SISWA KELAS V DI SD YWKA PALEMBANG

NOVARINDA, ALFIRA (2022) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA PADA SISWA KELAS V DI SD YWKA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan strategi guru dalam menumbuhkan minat membaca pada siswa kelas V di SD YWKA Palembang, (2) mengetahui faktor penghambat guru dalam menumbuhkan minat membaca pada siswa kelas V di SD YWKA Palembang, (3) mengetahui upaya guru dalam mengatasi hambatan dalam menumbuhkan minat membaca pada siswa kelas V di SD YWKA Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini mengungkapkan: (1) strategi guru dalam menumbuhkan minat baca siswa terdiri dari beberapa strategi diantaranya menugaskan siswa membaca 15 menit, memberikan pertanyaan yang jawabannya ada di buku, menugaskan siswa membaca di luar jam pelajaran, dan mengunjungi perpustakaan. (2) faktor penghambat guru dalam menumbuhkan minat baca diantaranya kurangnya kreatifitas guru dalam mengajar, rendahnya budaya membaca siswa, kurangnya fasilitas untuk membaca seperti ruangan perpustakaan yang kurang memadai, dan adanya pengaruh teknologi seperti gadget. (3) upaya dalam mengatasi hambatan menumbuhkan minat baca yaitu tetap memberi dorongan atau motivasi pada siswa agar rajin membaca, memperkenalkan bukubuku pada siswa, dan melakukan pelatihan bagi guru agar mengembangkan kreativitas guru dalam menggunakan metode mengajar yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Minat Membaca
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Membaca, kebiasaan membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:19
Last Modified: 07 Mar 2022 02:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19627

Actions (login required)

View Item View Item