ANALISIS PENERAPAN MUSAQAH ANTARA PEMILIK KEBUNKARETDAN PENGGARAP DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAANMASYARAKAT DESA ULAK PACEH JAYA KECAMATANLAWANGWETAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

KRISNAWATI, LENA (2021) ANALISIS PENERAPAN MUSAQAH ANTARA PEMILIK KEBUNKARETDAN PENGGARAP DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAANMASYARAKAT DESA ULAK PACEH JAYA KECAMATANLAWANGWETAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Salah satu sistem pengelolaan perkebunan yang digunakan oleh masyarakat DesaUlak Paceh Jaya yaitu sistem bagi hasil (musaqah) atau parohan. Kebiasaanmasyarakat Desa Ulak Paceh Jaya dalam melakukan sistem kerjasama bagi hasil perkebunan tidak menetapkan batasan waktu, tidak ada sanksi dalamproses akadnya, serta tidak adanya perjanjian tertulis dalam pelaksanaan akadnya. Sedangkan di dalamketentuan fiqh muamalah bahwa setiap melakukan perjanjian harus menuliskanperjanjiannya serta hendaknya menetapkan batas waktunya agar terhinda dari perselisihan di antara kedua belah pihak. Tetapi hal ini tidak terlepas dari pemahamanserta pengetahuan masyarakat Desa Ulak Paceh Jaya. Penelitian ini bertujuan agar dapat menjelaskan bagaimana praktik kerjasamabagi hasil musaqah serta agar dapat mengetahui bagaimana kesejahteraan masyarakat sebelum dan setelah adanya kerjasama bagi hasil musaqah di Desa Ulak PacehJayaKecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini ialah jenispenelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulandata dengan wawancara (interview), observasi, dokumentasi, serta FGD(Focus GroupDiscussion). Populasi dalam penelitian ini ialah para pelaku usaha bagi hasil di DesaUlak Paceh Jaya, sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yangterdiri dari 30 pemilik kebun dan 30 petani penggarap. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistemkejasama bagi hasil musaqah yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Ulak PacehJaya dengan ketentuan hasil dibagi menjadi 1/3 untuk pemilik lahan dan 2/3 untukpetani penggarap. Kerjasama bagi hasil musaqah yang diterapkan di Desa Ulak PacehJaya merupakan kerjasama yang dibolehkan dalam islam sebab mengandung prinsipmu’amalah. Hasil dari kerjasama bagi hasil musaqah yang diterapkan olehmasyarakat Desa Ulak Paceh Jaya sudah memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan masyarakat antara pelaku usaha bagi hasil dapat memenuhi kebutuhanhidup sehari-hari, tetapi belum sepenuhnya mengarah pada kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Musaqah, Petani Karet, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 08 Mar 2022 08:33
Last Modified: 08 Mar 2022 08:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19631

Actions (login required)

View Item View Item