ANALISIS PENERAPAN PSAK 102 PADA PRODUK KEPEMILIKAN EMAS DAN PSAK 107 PADA PRODUK GADAI EMAS DI BANK BSI KC PALEMBANG A. RIVAI

NOVILIA, NOVILIA (2022) ANALISIS PENERAPAN PSAK 102 PADA PRODUK KEPEMILIKAN EMAS DAN PSAK 107 PADA PRODUK GADAI EMAS DI BANK BSI KC PALEMBANG A. RIVAI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan PSAK 102 pada produk kepemilikan emas dan penerapan PSAK 107 pada produk gadai emas di Bank BSI KC Palembang A. Rivai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Secara keseluruhan Bank BSI Kantor Cabang Palembang A. Rivai dalam pembiayaan kepemilikan emas sudah menerapkan atau memperlakukan PSAK 102. Dalam penentuan besaran ujrah, presentase besaran tersebut ditentukan oleh pusat. Dalam hal penngenaan denda, dapat di kenakan oleh bank kepada nasabah yang telat membayar setelah jatuh tempo, hal tersebut juga telah sesuai dengan PSAK 102. Begitu pun dengan pembiayaan gadai emas, secara keseluruhan BSI Syariah Kantor Cabang Palembang A. Rivai dalam pembiayaan gadai emas sudah menerapkan dan memberlakukan PSAK 107 baik secara pengukuran dan pengakuan pembiayaan. untuk biaya sewa dihitung berdasarkan harian dengan pembayaran dapat dilakukan setiap bulan atau pada saat jatuh tempo.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: PSAK 102, Kepemilikan Emas, PSAK 107, Gadai Emas
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 10 Mar 2022 08:07
Last Modified: 10 Mar 2022 08:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19674

Actions (login required)

View Item View Item