PROF. K. H. ZAINAL ABIDIN FIKRI DAN PERANAN INTELEKTUAL, SOSIAL KEAGAMAAN DI PALEMBANG, SUMATERA SELATAN (1334- 1411 H/1916-1990 M)

POSA, JEMI (2022) PROF. K. H. ZAINAL ABIDIN FIKRI DAN PERANAN INTELEKTUAL, SOSIAL KEAGAMAAN DI PALEMBANG, SUMATERA SELATAN (1334- 1411 H/1916-1990 M). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai peranan Prof. K. H. Zainal Abidin Fikri dari intelektualitas dan sosial keagamaannya di bidang dakwah maupun pendidikan Islam di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif. Kerangka pikir diperlukan untuk memberikan penjelasan mengenai objek dari pokok permasalahan agar lebih rinci, pokok permasalahan yang Pertama, bagaimana biografi intelektual Prof. K. H Zainal Abidin Fikri. Kedua, bagaimana kondisi sosial keagamaan dan pendidikan Islam di Palembang. Ketiga, bagaimana peranan Prof. K. H Zainal Abidin Fikri dalam bidang sosial Keagamaan dan pendidikan Islam di Palembang. Penelitian ini menggunakan teori peranan serta menggunakan metodologi penelitian sejarah dengan empat tahapan yakni: heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Sumber data yang digunakan yakni pertama, wawancara yang dilakukan dengan zuriat serta para murid beliau, karya beliau berjudul Al-Lisanuzzikri. Sementara itu, data sekunder adalah buku-buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa peranan Prof. K. H. Zainal Abidin Fikri dalam mengembangkan Islam di Palembang dibagi menjadi dua sub pembahasan, yaitu: Bidang Sosial Keagamaan dan Bidang Pendidikan. Dalam bidang sosial keagamaan dengan melakukan dakwah melalui ceramah-ceramah di hampir seluruh masjid-masjid di Kota Palembang dan sekitarnya, Prof. K. H. Zainal Abidin Fikri juga berdakwah dengan menyalurkan pemikiran-pemikiran yang sederhana seputar masalah keagamaan seperti meluruskan ucapan ijab kabul kala itu. Memberikan pembinaan dan pengembangan bidang keagamaan Islam, melalui kegiatan penyuluhan dengan kyai atau para pemuka agama. Prof. K. H. Zainal Abidin Fikri selalu memperjuangkan paham ahlussunnah wal jama’ah melalui organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Di pendidikan Prof. K. H. Zainal Abidin Fikri berperan dalam memberikan pengajaran dalam pendidikan formal maupun non-formal. Di bidang pendidikan formal aktif di perguruan tinggai IAIN Raden Fatah Palembang sebagai Rektor, Dekan Fakultas Syariah, Dosen Fakultas Syariah IAIN Raden Fatah Palembang dan Fakultas Syariah Cabang Seri Bandung, serta ketua Lembaga Research dan Survey. Di pendidikan non-formal aktif di Masjid Agung dan Rumahnya yang mana ia mengajarkan tentang ilmu hadis, tafsir, seputar masalah fiqih, wirid, dan mengajarkan tentang Thoriqoh Naqsyabandiyah Al-Mujaddadiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peranan, Zainal Abidin Fikri, Dakwah dan Pendidikan, Islam.
Subjects: Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 80230 - Sejarah Peradaban Islam (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:49
Last Modified: 14 Mar 2022 04:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19701

Actions (login required)

View Item View Item