TRADISI PEMBACAAN AL-QUR’AN SURAH AL-WAQI’AH, YASIN DAN AL-KAHFI” (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Sabilul Muhtadin Desa Langkan Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin)

HASANAH, USWATUN (2022) TRADISI PEMBACAAN AL-QUR’AN SURAH AL-WAQI’AH, YASIN DAN AL-KAHFI” (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Sabilul Muhtadin Desa Langkan Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini di berjudul “TRADISI PEMBACAAN AL-QUR’AN SURAH AL-WAQI’AH, YASIN DAN AL-KAHFI” (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Sabilul Muhtadin Desa Langkan Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin). Penelitian ini berlatar belakang dengan peristiwa masyarakat yang mempunyai peranan pada kehidupan bermasyarakat dengan al-Qur’an. tradisi pembacaan al-Qur’an surah al-waqi’ah, yasin dan al-kahfi merupakan upaya menjadikan al-Qur’an sebagai mauizah dan syifa. kesehatan mental misalnya al-Qur’an dapat memberikan ketenangan jiwa dan hati. Maka penulis mencoba mengeksplorasi bagaimana pemahaman santri pondok pesantren Sabilul Muhtadin terhadap tradisi pembacaan al-Qur’an surah al-waqi’ah, yasin dan al-kahfi. Penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode living Qur’an. living Qur’an mengkaji berbagai peristiwa sosial yang berkaitan dengan teks al-Qur’an yang hidup dikalangan masyarakat muslim pada khususnya, dan proses pengambilan interaksi masyarakat terhadap al-Qur’an bukan hanya pada teksnya saja melainkan juga penerapan teks itu dalam kehidupan masyarakat sehari-hari yang kemudian kebiasaan ini menjadi tradisi dalam kehidupan masyarakat, terutama dikalangan santri pondok pesantren Sabilul Muhtadin, melalui tehnik wawancara, observasi maupun dokumentasi. Mengenai hasil penelitian ini adalah bahwa pemahaman santri terhadap tradisi pembacaan al-Qur’an surah al-Waqi’ah, Yasin serta al-Kahfi itu penggugur kewajiban serta keterpaksaan mentaati aturan yang sudah ditentukan pengasuh Ponpes Sabilul Muhtadin, tradisi pembacaan tersebut juga dapat mendatangkan barakah dari Allah Swt serta barakah dari guru-guru dan sarana ikhtiar untuk mempelancar rezeki baik itu material maupun non material. adanya pengaruh dari tradisi pembacaan al-Qur’an surah al-Waqi’ah, Yasin dan al-Kahfi terhadap ketenangan jiwa serta hati para santri, sehingga tenang jiwa dan hati bisa membentuk pola kehidupan santri sehari-hari yang senantiasa menunjukkkan sikap serta perilaku islami, dengan tenangnya jiwa serta hati para santri dapat menciptakan kenyamanan dan ketenangan dalam berbagai aktivitas seperti semangat dalam belajar dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76231 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:19
Last Modified: 16 Mar 2022 07:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19754

Actions (login required)

View Item View Item