Pengaruh Likuditas, Pembiayaan Bermasalah dan Operasional Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2020

ANISIA, BELA PUSPITA (2022) Pengaruh Likuditas, Pembiayaan Bermasalah dan Operasional Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2020. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh likuiditas, pembiayaan bermasalah dan operasional terhadap profitabilitas bank umum syariah di Indonesia periode 2015-2020. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dari tahun 2015-2020 yaitu berjumlah 14 bank umum syariah. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh. Sampel jenuh merupakan teknik pengambilan sampel yang mana semua populasi digunakan sebagai sampel. Dari teknik pengambilan sampel dengan metode sampel jenuh diperoleh sampel sebanyak 14 bank syariah dengan tahun penelitian selama 6 tahun. Data yang digunakan selama periode penelitian berjumlah 84 data. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan pengujian hipotesis secara simultan (uji F). Variabel penelitian ini berupa variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diproksikan dengan rasio ROA, sedangan variabel independen (X) dalam penelitian ini yaitu likuiditas (X1) diproksikan dengan rasio FDR, pembiayaan bermasalah (X2) diproksikan dengan rasio NPF dan Operasional (X3) diproksikan dengan rasio BOPO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Financing to Deposit Ratio (FDR) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA), sedangkan Non Performing Financing (NPF) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) menunjukkan pengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Hasil menujukkan secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel FDR, NPF, dan BOPO terhadap ROA bank umum syariah. Besarnya kontribusi dari ketiga variabel independen terhadap profitabilitas (ROA) dalam penelitian ini sebesar 26,0% sedangkan sisanya 74,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: FDR, NPF, BOPO, ROA, Profitabilitas, Bank Umum Syariah.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:48
Last Modified: 17 Mar 2022 02:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19775

Actions (login required)

View Item View Item