TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN SENJATA TAJAM (Analisis Putusan Hakim Pengadilan Negeri Palembang Nomor 821/Pid.Sus/2020/PN.Plg)

A.Z., MUTIARA (2021) TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN SENJATA TAJAM (Analisis Putusan Hakim Pengadilan Negeri Palembang Nomor 821/Pid.Sus/2020/PN.Plg). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Tindak Pidana Penyalahgunaan Senjata Tajam (Analisis Putusan Hakim Pengadilan Negeri Palembang Nomor 821/Pid.Sus/2020/PN.Plg), ada dua hal yang diangkat menjadi fokus penelitian yaitu: Pertama, Bagaimana Dasar Pertimbangan Hakim dalam Menjatuhkan Sanksi Pidana pada Putusan Pengadilan Negeri Palembang Nomor 821/Pid.Sus/2020/PN.Plg. Kedua, Bagaimana Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap Sanksi yang diberikan kepada pelaku dalam Putusan Hakim Pengadilan Negeri Palembang Nomor 821/Pid.Sus/2020/PN.Plg. Metode yang dipakai dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum Normatif, yang diperoleh dari kajian pustaka (Library Research). Sumber data pustaka yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Penelitian pustakaan yaitu jenis penelitian yang kajiannya dilaksanakan dengan menelaah dan menelusuri literatur, dan jenis data yang digunakan dalam penelitian merupakan data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan, menguraikan dan menjelaskan permasalahan yang ada, kemudian mengambil kesimpulan. Yang penelitiannya mengacuh pada norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan dan norma-norma yang hidup dan berkembang dalam masyarakat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hakim sebelum menjatuhkan putusan pidana terlebih dahulu memperhatikan dan mempertimbangkan dasar asas keadilan, kepastian hukum, kemanfaatan untuk menjatuhkan pidana yang sesuai dengan tindak pidana yang dilakukan terdakwa. Dan memberikan rasa keadilan dalam masyarakat. Dalam Hukum Pidana Islam kasus ini memang suatu hal yang baru, tapi tidak menjadikan tindakan ini legal untuk dilakukan atau tidak diberi sanksi. Maka dalam penerapan sanksinya, diberikan sanksi Ta’zir. Karena sanksi Ta’zir mengatur perbuatan-perbuatan yang tidak secara tegas ditentukan dalam AlQur’an, baik tindakan maupun sanksinya tetapi kebijakan ditentukan oleh hakim atau penguasa. Tujuan pemberian sanksi dimaksudkan untuk memberikan efek jera agar pelaku bertobat dan tidak mengulangi. Dan sebagai pembelajaran untuk yang lain agar tidak mengikuti perbuatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Senjata Tajam
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:52
Last Modified: 17 Mar 2022 02:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19777

Actions (login required)

View Item View Item