Penataan dan Pengelolaan Tata Ruang Kota Palembang Dalam Perspektif Politik Pembangunan (Studi Pada Ruang Susun di Palembang)

FATMAWATI, CINDY OKTAVIOLA (2021) Penataan dan Pengelolaan Tata Ruang Kota Palembang Dalam Perspektif Politik Pembangunan (Studi Pada Ruang Susun di Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini berjudul “Penataan dan Pengelolaan Tata Ruang Kota Palembang Dalam Perspektif Politik Pembangunan (Studi Pada Ruang Susun di Palembang)”. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagaimana Penataan dan Pengelolaan Tata Ruang Kota Palembang Dalam Perspektif Politik Pembangunan (Studi Pada Ruang Susun Di Palembang). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan lokasi penelitian yang peneliti lakukan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palembang, Perum Perumnas dan Warga Rumah Susun sehingga penelitian ini menggunakan Teori Politik Pembangunan dari Warjio. Data yang dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan beberapa informan Pemerintahan Kota Palembang oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palembang, Perum Perumnas dan Warga Rumah Susun. Data yang diolah menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota adalah dengan mengadakan proyek rumah susun yang diprioritaskan. Berdirilah Rumah Susun yang dibangun sejak tahun 1984 ini berada di tengah Kota Palembang di Jalan Radial. Permukiman ini kebanyakan dihuni warga yang masuk kategori perekonomian menengah ke bawah. Ini rupanya tidak serta merta membuat masyarakat yang tinggal disana merasakan tempat tinggal yang layak untuk ditempati. Permasalah bukan hanya datang dari ekonomi saja melainkan dari lingkungan, sosial dan keamanannya. Dari sanalah bahwa sebagian besar masyarakat, bahkan Pemerintah Kota dalam mengatur dan mengelola perencanaan ruang kota yang terkait dengan perumahan di Palembang, namun dalam rangka merevitalisasi perumahan. Perum Perumnas bertanggung jawab penuh dan telah berusaha menjawab tekanan dari Kota Palembang, namun mencari investor untuk mendanai renovasi rumah tidaklah mudah dan membutuhkan proses yang panjang untuk menemukan investor yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tata Ruang, Politik Pembangunan, Rumah Susun Palembang
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:40
Last Modified: 17 Mar 2022 03:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19781

Actions (login required)

View Item View Item