Lembar Hasil Penilaian Sejawat Sebidang atau Peer Review Karya Ilmiah Jurnal :Karakteristik Sekolah Berbasis Pondok Pesantren:Studi Kasus di SMA Al-Hannan Ulu Danau OKU Selatan

Nety, Herawati and Ahmad, Zainuri and Akmal Hawi, Akmal Hawi (2020) Lembar Hasil Penilaian Sejawat Sebidang atau Peer Review Karya Ilmiah Jurnal :Karakteristik Sekolah Berbasis Pondok Pesantren:Studi Kasus di SMA Al-Hannan Ulu Danau OKU Selatan. -, -.

[img]
Preview
Text
Karakteristik Sekolah Berbasis Pondok Pesantren Studi Kasus di SMA AH-Hannan Ulu Danau OK U Selatan.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: -

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik SMA Al-Hannan Ulu Danau sebagai sekolah berbasis pondok pesantrendan menemukan faktor-faktoryang mempengaruhi penerapan model SMA berbasis pesantren di SMA Plus Al-Hannan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan data deskriptif kualitatif, kemudian data yang dikumpulkan dideskripsikan sehingga dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama,SMA Al-Hannan memiliki ciri khas atau karakteristik yang tidak dimiliki oleh sekolah kebanyakan,yaitu: Al-Hannan sebagai brand-mark, berasrama, menggunakan kurikulum, vocational skilldan kemampuan membaca al-Qur’an dengan baikdan benar.Kedua, faktor yang mempengaruhi penerapan sekolah berbasis Pesantren dapat dibagi dua faktor, yaitu khusus dan umum. Secara khusus,dipengaruhi oleh kepala sekolah, pendidikan atau guru, kurikulum, sistem penerapan pendidikan, sarana pendidikan, suasana lingkungan sekolah. Kemudian secara umum dipengaruhi oleh 1) lingkungan sosial yang kini telah banyak berubah; 2) keadaan ekonomi masyarakat yang semakin membaik; dan 3) cara pandang masyarakat yang lebih religiusitas

Item Type: Other
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Aspek sosial dari pendidikan
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:54
Last Modified: 21 Mar 2022 06:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19828

Actions (login required)

View Item View Item