Lembar Hasil Penilaian Sejawat Sebidang atau Peer Review Karya Ilmiah Jurnal: Social Return on Investment pada Program Ekonomi Local Business Development Dompet Dhuafa Sumatera Selatan

Dahlia, Oktamia and Ahmad, Zainuri and Peny, Cahaya Azwari (2020) Lembar Hasil Penilaian Sejawat Sebidang atau Peer Review Karya Ilmiah Jurnal: Social Return on Investment pada Program Ekonomi Local Business Development Dompet Dhuafa Sumatera Selatan. -, -.

[img]
Preview
Text
Social Retum on Investment pada Program Ekonomi Local Business Development Dompet Dhuafa Sumatera Selatan.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: -

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengukur dampak distribusi dana zakat, infak dan sedekah(ZIS) pada program ekonomi Dompet Dhuafa Sumatera Selatan, yaitu program Local Business Development (LBD).Bentuk programnya adalah peternakan lele, kebun buah naga dan peternakan patin yang dilaksanakan di tiga desa di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Instrumen pengukuran dampak menggunakan model Social Return on Investment (SROI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak distribusi dana ZIS mencapai rasio 1,178:1 yang berarti program LBD masih layak dilakukan. Selain itu,nilai dampak tertinggi berada di bagian Penerima Manfaat utama. Hal ini mengindikasikan bahwa program berjalan tepat sasaran. Namun, dampak yang ditimbulkan belum signifikan sehingga perlu upaya perbaikan untuk memajukan program dan menghasilkan dampak yang lebih besar lagi.

Item Type: Other
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:05
Last Modified: 21 Mar 2022 07:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19831

Actions (login required)

View Item View Item