Zuhdiyah, Zuhdiyah (2017) Pengembangan bahan ajar psikologi agama perspektif Islam Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Doctoral thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Dalam proses pembelajaran, belajar berkaitan dengan proses pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan yang diberikan dosen agar mahasiswa memperoleh hasil terbaik. Permasalahan yang ada, bahan ajar yang digunakan selama ini belum disusun berdasarkan analisis kebutuhan dan tidak dikembangkan berdasarkan kaidah pengembangan bahan ajar yang berstandar. Sehingga penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan model bahan ajar Psikologi Agama Perspektif Islam yang valid; (2) menghasilkan model bahan ajar Psikologi Agama Perspektif Islam yang praktis; (3) memperoleh gambaran tentang efektifitas model bahan ajar Psikologi Agama Perspektif Islam yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar mahasiswa. Adapun Hasil akhir dari penelitian diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan pendidikan, aspek teoretis maupun praktis dari berbagai pihak terkait. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (gabungan). Jenis penelitian yang digunakan ialah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall dengan sedikit penyesuaian dengan model penelitian pengembangan Jan Van Den Akker. Adapun tahapan penelitian yaitu: (1) tahap penelitian pendahuluan; (2) tahap perencanaan dan pengembangan bahan ajar Psikologi Agama Perspektif Islam; (3) tahap preliminary field testing. Tahap ini dilakukan sebanyak tiga kali uji coba, yaitu (a) uji coba tahap I (expert judgement), (b) uji coba tahap II (uji coba kelompok kecil); (c) uji coba tahap III (uji coba kelompok besar berupa uji keterbacaan dan persepsi; (4) tahap main field test atau uji efektivitas produk dengan desain one-group pre test-post test. Hasil yang diperoleh dari penelitian: (1) RPS berdasarkan hasil kajian teoretik yang sejalan dengan hasil analisis kebutuhan dan KKNI Prodi PAI; (2) buku mahasiswa dan buku petunjuk penggunaan bagi dosen; (3) bahan ajar Psikologi Agama Perspektif Islam terbukti valid dengan skor rata-rata 92,12%; (4) bahan ajar Psikologi Agama Perspektif Islam terbukti praktis dengan skor tingkat keterbacaan mahasiswa 59,94 (berada pada tingkat insruksional) dan skor persepsi berada pada rentang 3331 dan 3326 (berada pada kategori sangat setuju); (5) bahan ajar Psikologi Agama Perspektif Islam terbukti efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Psikologi Agama melalui hasil eksperimen menggunakan desain one group pretes post test dengan hasil uji t T Paired 17.934 dengan taraf signifikansi 0.01 atau 17.934 > 0,01 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak, karena itu Ha diterima. Artinya, penggunaan bahan ajar Psikologi Agama Perspektif Islam berpengaruh meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Psikologi Agama Prodi PAI FITK UIN Raden Fatah Palembang.. Kontribusi penelitian dalam pengembangan keilmuan: (1) hasil penelitian dapat digunakan di Prodi PAI FITK UIN Raden Fatah Palembang maupun Universitas lain; (2) memberikan nuansa baru bagi mahasiswa dalam memperdalam psikologi agama berlandaskan sumber Islam; (3) memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk dapat berkerja di dalam tim dan bekerja secara individu; (4) hasil penelitian dapat digunakan oleh dosen yunior karena bahan ajar ini memiliki satu set materi yang terdiri dari buku mahasiswa dan buku petunjuk penggunaan bagi dosen.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan ajar, Psikologi Agama, Perspektif, Islam |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Program Doktoral > 86008 - Pendidikan Agama Islam (S3) |
Depositing User: | Zuhdiyah Zuhdiyah |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 06:44 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 06:44 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20157 |
Actions (login required)
View Item |