PENGARUH PENERAPAN METODE MATH MAGIC TERHADAP KEMAMPUAN BERHTIUNG SISWA PADA MATERI AKAR PANGKAT TIGA DI KELAS V SDN 14 TALANG KELAPA

Agustin, Silvia (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE MATH MAGIC TERHADAP KEMAMPUAN BERHTIUNG SISWA PADA MATERI AKAR PANGKAT TIGA DI KELAS V SDN 14 TALANG KELAPA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika perlu adanya sebuah metode pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi akar pangkat tiga. Metode tersebut adalah metode math magic. Berdasarkan latar belakang, selanjutnya akan dikaji mengenai metode pembelajaran math magic terhadap kemampuan berhitung siswa pada materi akar pangkat tiga di kelas V SDN 14 Talang Kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode math magic terhadap kemampuan berhitung siswa pada materi akar pangkat tiga di kelas V SDN 14 Talang Kelapa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan berhitung pada materi akar pangkat tiga di kelas eksperimen yang diterapkan metode math magic tergolong tinggi, terlihat presentase 50% untuk kelompok tinggi dan 50% untuk kelompok sedang. 2) Kemampuan berhitung pada kelas kontrol yang tidak diterapkan metode math magic masih tergolong rendah. Pada kelompok sedang sebanyak 15 siswa dengan presentasi 75% dan kelompok rendah sebanyak 3 siswa dengan presentasi 15%. 3) Hasil uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji independent sample t test diketahui bahwa hasil bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan yang ditetapkan, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berhitung siswa sesudah penerapan metode math magic pada materi akar pangkat tiga di kelas V SDN 14 Talang Kelapa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung Siswa, Materi Akar Pangkat Tiga, Metode Math Magic
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:23
Last Modified: 12 Apr 2022 02:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20169

Actions (login required)

View Item View Item