INTERAKSI ANTARA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DAN MASYARAKAT DALAM PROSES PENYERAPAN ASPIRASI DI DESA BAKUNG KECAMATAN INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR

Yusita, Renna (2022) INTERAKSI ANTARA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DAN MASYARAKAT DALAM PROSES PENYERAPAN ASPIRASI DI DESA BAKUNG KECAMATAN INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Badan permusyawaratan desa merupakan wujud dari demokrasi ditingkat desa. Masalah pada penelitian ini adalah proses penyerapan aspirasi masyarakat oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Bakung belum optimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi antara badan permusyawaratan desa dengan masyarakat dalam proses penyerapan aspirasi di Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisa kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer ialah : BPD, wakil BPD dan masyarakat yaitu tokoh pemuda, tokoh agama, lansia, warga berkebutuhan khusus, tenaga kesehatan desa, ibu-ibu PKK, ibu-ibu pengajian, dan pengurus TK/TPA di Desa Bakung. Sumber data sekunder berupa buku, jurnal dan internet. Dalam menganalisis penelitian ini menggunakan teori demokrasi representasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BPD di Desa Bakung tidak berjalan dengan baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya berdasarkan dengan permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa sebagai representatif dari masyarakat guna mencapai kehidupan demokrasi didesa dalam hal ini sebagai wadah dalam menyerap aspirasi dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Badan Permusyawaratan desa, Penyerapan Aspirasi.
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:26
Last Modified: 12 Apr 2022 04:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20195

Actions (login required)

View Item View Item