Studi Deskriptif Motivasi Berprestasi Siswa MA Al-Fatah Palembang
Keywords:
Motivasi, Prestasi, Tanggung Jawab
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi berprestasi siswa Madrasah Aliyah Al–Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan motivasi berprestasi siswa MA Al-Fatah Palembang. Teknik pengumpulan data data yang dingunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan berjumlah 3 orang, berjenis kelamin laki- laki,berusia 16 tahun. Pada penelitian ini, motivasi berprestasi yang dimiliki karena adanya rasa tanggung jawab, kreatif, inovatif. Adapun faktor orang tua, nilai raport,prestasi dibidang akademik dan non akademikMotivasiReferences
Bungin, B. (2012). Penelitian Kualitatif Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.
Herdiansyah, H. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu- Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Herdiansyah, H. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikolagi, Jakarta: Salemba Humanika.
Jack. C. Richards. (1999). Longman Dictionary of Language Teaching and Appied Linguistics, Malaysia: Longman Group.
Lili Garliah dkk. (2005). Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Memotivasi Berprestasi. Jurnal psikologi,Vol. 1, No. 1, Juni 2005.
Maslow, A.H. (2010). Motivation And Personality, Jakarta: Rajawali
Mc.Clelland,D. (1992). Menjamu Masyarakat Berprestasi, Jakarta: Cv.Intermedia.
Mc.Clelland,D. (1992). The Achivement Motive. New York: Appleton Century Craft.
MoleongLexy, J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif .bandung: PT Remaja Rosda karya.
Muallifah. (2009). Psycho Islamic Smart Parenting, DIVA Press (Anggota IKAPI).
Sudjana, N. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru.
Nasution. (1988). Methodologi Penelitian Naturalistik, Bandung: PN. Tarsit.
Poerwandari. Kristi E. (2007). Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Prilaku Manusia. Depok: LPSP3 UI.
Singarimbun, M. (1989). Metodologi Penelitian Survey, Cet I, Jakarta: P3ES.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RND.Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2002). Psikologi pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Winkel, W., S. (1983). Psikologi pengajaran. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Herdiansyah, H. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu- Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Herdiansyah, H. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikolagi, Jakarta: Salemba Humanika.
Jack. C. Richards. (1999). Longman Dictionary of Language Teaching and Appied Linguistics, Malaysia: Longman Group.
Lili Garliah dkk. (2005). Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Memotivasi Berprestasi. Jurnal psikologi,Vol. 1, No. 1, Juni 2005.
Maslow, A.H. (2010). Motivation And Personality, Jakarta: Rajawali
Mc.Clelland,D. (1992). Menjamu Masyarakat Berprestasi, Jakarta: Cv.Intermedia.
Mc.Clelland,D. (1992). The Achivement Motive. New York: Appleton Century Craft.
MoleongLexy, J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif .bandung: PT Remaja Rosda karya.
Muallifah. (2009). Psycho Islamic Smart Parenting, DIVA Press (Anggota IKAPI).
Sudjana, N. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru.
Nasution. (1988). Methodologi Penelitian Naturalistik, Bandung: PN. Tarsit.
Poerwandari. Kristi E. (2007). Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Prilaku Manusia. Depok: LPSP3 UI.
Singarimbun, M. (1989). Metodologi Penelitian Survey, Cet I, Jakarta: P3ES.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RND.Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2002). Psikologi pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Winkel, W., S. (1983). Psikologi pengajaran. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Published
30-06-2021
Section
Vol. 1, No. 2, June 2021