Perspektif Al-Qur’an Terhadap Pembagian Harta Waris Di Desa Pedamaran 1 Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (Studi Living Qur’an)

ANGGRAINI, NOVA (2022) Perspektif Al-Qur’an Terhadap Pembagian Harta Waris Di Desa Pedamaran 1 Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (Studi Living Qur’an). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
028d44971e291694d335dffc9f1c9a73.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Kitab suci umat Islam ialah Al-Qur’an yang merupakan pedoman hidup manusia yang di muka bumi ini. Terdapat begitu banyak petunjuk untuk aturan hidup manusia. Ini merupakan sebuah ketentuan yang harus diikuti oleh manusia demi kemaslahatan hidup di dunia dan akhirat. Banyak sekali permasalahan yang dibahas dalam Al-Qur’an termasuk tentang waris. Salah satu ayatnya yaitu Qs. An-Nisa’ ayat 11 bahwasanya antara anak laki-laki dan anak perempuan dua banding satu. Namun dalam kenyataannya, masyarakat desa Pedamaran kecamatan Pedamaran kabupaten Ogan Komering ilir (OKI) tersebut membaginya tidak sesuai dengan ayat Al-Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang bertujuan mempelajari secara intensif latar belakang dan status terkini serta interaksinya dengan lingkungan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode living Qur’an penelitian tentang ayat-ayat al-Qur’an yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, pemaknaannya al-Qur’an yang tidak mengacu pada teks-teks al-Qur’an. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam Pembagian Harta Waris di Desa Pedamaran 1 kecamatan Pedamaran kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). masih menggunakan tradisi atau adat. Dan yang melatarbelakangi pembagian tersebut yaitu karena anak perempuan memiliki tanggung jawab menjaga orang tua, khususnya saat mereka lanjut usia atau sakit, anak perempuan biasanya lebih mengerti keadaan orang tua. Dan tidak menimbulkan dampak negatif atau perselisihan antara saudara.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Waris, Pembagian, Masyarakat.
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76231 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Armalanda Anto
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:07
Last Modified: 18 Apr 2022 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20242

Actions (login required)

View Item View Item