POLEMIK PEMBERITAAN HASIL TES WAWASAN KEBANGSAAN YANG MENONAKTIFKAN 75 PEGAWAI KPK (Analisis Framing pada Media Online Kompas.com dan Antaranews.com)

Rahmawati, Yulia (2022) POLEMIK PEMBERITAAN HASIL TES WAWASAN KEBANGSAAN YANG MENONAKTIFKAN 75 PEGAWAI KPK (Analisis Framing pada Media Online Kompas.com dan Antaranews.com). Undergraduate Thesis thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img]
Preview
Text
Yulia Rahmawati-1710701041.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengumuman Hasil Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diumumkan pada 6 Mei 2021 menimbulkan pro kontra di masyarakat, karena ada 75 pegawai lembaga anti korupsi tersebut yang dinyatakan tidak lulus TWK. Dalam 75 nama pegawai yang tidak lulus tersebut ada beberapa tokoh besar dan dianggap memegang kasur besar. Beberapa pihak menganggap bahwa TWK bukan sekedar syarat alih status kepegawaian tetapi ada upaya pelemahan bagi lembaga anti korupsi tersebut didalamnya, selain itu beberapa pihak juga mengganggap kurangnya keterbukaan informasi oleh pihak KPK mengenai TWK ini. Hal ini menimbulkan banyak spekulasi dan juga polemik dan media memiliki peran cukup besar untuk dapat mempengaruhi opini yang berkembang di masyarkat. Penelitian ini mengacu pada dua portal berita online di Indonesia, yaitu Kompas.com dan Antaranews.com. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana framing dan perbandingan yang dibuat media dalam memberitakan hasil TWK pegawai KPK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan studi pustaka dengan menggunakan model analisis framing Robert N.Entman. Objek penelitian ini adalah artikel berita mengenai polemik hasil TWK pegawai KPK periode 17-18 Juni 2021. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa portal berita online Kompas.com dan Antaranews.com menunjukkan adanya perbedaan dalam membingkai pemberitaan mengenai polemik hasil Tes Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK ini. Kompas.com cenderung membingkai berita yang mengangkat isu negatif terhadap pihak KPK yang akan melakukan manipulasi dan cuci tangan dalam kasus TWK ini. Sedangkan Antaranews.com mengembangangkan framingnya sebagai berita klarifikasi dari pihak KPK yaitu jaminan amengenai penggagas ide TWK.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 22 Apr 2022 07:31
Last Modified: 22 Apr 2022 07:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20350

Actions (login required)

View Item View Item