“KONTRIBUSI PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI PETANI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PERTANIAN DI DESA MEKARSARI KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN)

WIDIARTA, ANDRIAN (2022) “KONTRIBUSI PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI PETANI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PERTANIAN DI DESA MEKARSARI KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat penting di Indonesia, dikarenakan Indonesia yang merupakan negara agraris dan mayoritas penduduknya bekerja di sektor pertanian. Desa Mekarsari merupakan salah satu desa yang sebagian besar penduduknya menggantungkan hidupnya dengan bekerja sebagai petani, maka dari itu dapat dikatakan bahwa sektor pertanian ini memiliki kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Desa Mekarsari. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana kontribusi pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Mekarsari Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin ?, dan Bagaimana pandangan ekonomi islam tentang pertanian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat ?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan kontribusi pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Mekarsari Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin dan untuk mengetahui dan menjelaskan kontribusi pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dalam telaah ekonomi syariah. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani di Desa Mekarsari Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 8 petani yang telah memenuhi kriteria seperti pemilik lahan pertanian, petani penggarap dan Pemilik sekaligus penggarap. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti diketahui bahwa masyarakat petani di desa Mekarsari Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin mendapatkan kontribusi dari panen padi yang mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat tersebut. Kontribusi pertanian berupa pengembangan inovasi dan kreatifitas petani dalam mengolah lahan pertanian yang berdampak pada peningkatan hasil dari rata rata satu kali panen mendapatkan hasil penjualan untuk keluarga sebesar 15 sampai 20 Juta Rupiah Per 1 hektar lahan pertanian. Namun demikian bagi petani yang hanya mempunyai 1 atau 2 hektar lahan pertanian saja, masih belum merasa jika dirinya sejahtera karena pendapatan dari hasil panen hanya cukup untuk mencukupi kebutuhan-kebuutuhan dasar rumah tangga saja. Kata kunci : Ekonomi, pertanian, kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi, pertanian, kesejahteraan.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 27 Apr 2022 01:47
Last Modified: 27 Apr 2022 01:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20380

Actions (login required)

View Item View Item