FENOMENA “ROKOK OBAT SEHAT TENTREM”: MEDIA PENGOBATAN ALTERNATIF DI PESANTREN MAJMAAL BAHRAIN HUBBUL WATHON MINAL IMAN, DESA SUKAJADI KABUPATEN BANYUASIN

CHUSAIRI, MA’AZZAH (2021) FENOMENA “ROKOK OBAT SEHAT TENTREM”: MEDIA PENGOBATAN ALTERNATIF DI PESANTREN MAJMAAL BAHRAIN HUBBUL WATHON MINAL IMAN, DESA SUKAJADI KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Fenomena “Rokok Obat Sehat Tentrem”: Media Pengobatan Alternatif Di Pesantren Majmaal Bahrain Hubbul Wathon Minal Iman, Desa Sukajadi, Kabupaten Banyuasin.” Rokok obat sehat tentrem berasal dari Ponpes Majmaal Bahrain, yang dicetuskan 2 orang Bapak Syek Muktarulloh Al Mutabaa dan anaknya Muchammad Subchi Azal Tsani. Obat dalam bentuk rokok, bahkan sangat cocok untuk media terapi dan obat multifungsi yang baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, masalah ini cukup menarik untuk dikaji lebih lanjut. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana kehebatan rokok obat sehat tentrem bagi kesehatan (2) Bagaimana pemahaman terhadap rokok obat sehat tentrem dalam analisis diskursus. Adapun tujuan penelitian ini ialah pertama, untuk menjelaskan kehebatan rokok obat sehat tentrem bagi kesehatan. Kedua, untuk menjelaskan pemahaman terhadap rokok obat sehat tentrem dalam analisis diskursus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research yaitu penelitian lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data Kualitatif. Sumber primer dalam penelitian ini adalah ulama dan masyarakat di desa Sukajadi, sedangkan sumber Sekunder berupa buku atau kajian media sosial. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan kajian media. Teknik analisis data menggunakan pengolahan data, penganalisisan data, penafsiran hasil data, heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (dispaly), konklusi (kesimpulan). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, rokok kretek adalah pengobatan warisan leluhur Nusantara yang telah terbukti memiliki keistimewaan tersendiri dalam hal pengobatan bagi rakyat Indonesia sejak lama. Sehat tentrem adalah obat berwujud rokok, rokok berfungsi sebagai obat. Diracik dengan komposisi yang tepat, sehinga bisa memberi manfaat. Dibuat dari bahan-bahan pilihan yang seratus persen alami dan nol persen bahan kimia. Tembakau dan cengkeh serta rempah-rempah asli hasil bumi Nusantara yang kualitas dan khasiatnya sudah terkenal terbaik di dunia. Menurut masyarakat rokok itu tidak haram dan tidak berbahaya karena menimbulkan bisa merawat kesehatan, terapi dan lain-lain. Adanya rokok obat sehat tentrem alhamdulillah syukur-syukur sehat tentrem bisa varia baru yang bisa terjangkau masyarakat. Manfaat pada rokok obat sehat tentrem ini, bahwa dari 80% dari hasil keuntungannya disalurkan untuk membantu seperti pengobatan gratis, membangun rumah layak huni, membagi sedeka yang berhak menerimanya, jelajah desa yang dimana daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh pihak pemerintah dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Armalanda Anto
Date Deposited: 28 Apr 2022 03:05
Last Modified: 28 Apr 2022 03:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20393

Actions (login required)

View Item View Item