PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di ISSI 2014-2019)

Ananda, Riski Putri (2022) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di ISSI 2014-2019). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Good Corporate Governance dan Leverage terhadap Integritas Laporan Keuangan dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2014-2019. Dalam penelitian ini Variabel Dependen adalah Integritas Laporan Keuangan (Y) yang diproksikan dengan Market to Book Ratio (MBR), Variabel Independen Good Corporate Governance yang diproksikan dengan Kepemilikan Institusional (X1a) dan Komite Audit (X1b) dan Leverage (X2) yang diproksikan dengan Debt Equity Ratio (DER) serta Variabel mediasi yaitu Manajemen Laba (M) yang diproksikan dengan Dicretionary Accruals (DAC). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan berdasarakan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Dari metode sampling yang diterapkan diperoleh 11 perusahaan yang menjadi sampel pada perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) selama periode 2014-2019. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif, uji asumsi klasik, regresi berganda dananalisis jalur dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Good corporate Governance yang diproksikan dengan Kepemilikan Institusional berpengaruh positif terhadap Manajemen Laba, dan Komite Audit tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba, Leverage berpengaruh negatif terhadap Manajemen Laba, Manajemen Laba berpengaruh positif terhadap Integritas Laporan Keuangan, Kepemilikan institusional dan Leverage berpengaruh negatif terhadap Integritas Laporan Keuangan, Komite Audit tidak berpengaruh terhadap Integritas Laporan Keuangan. Secara mediasi Manajemen Laba memediasi pengaruh Kepemilikan Institusional terhadap Integritas Laporan Keuangan, Manajemen Laba tidak memediasi pengaruh Komite Audit terhadapa Integritas Laporan Keuangan, Mananjemen Laba tidak memedias pengaruh Leverage terhadap Integritas Laporan Keuangan. Kata Kunci : Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Leverage (DER), Integritas Laporan Keuangan (MBR) dan Manajemen Laba (DAC)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Leverage (DER), Integritas Laporan Keuangan (MBR) dan Manajemen Laba (DAC)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 23 May 2022 04:10
Last Modified: 23 May 2022 04:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20436

Actions (login required)

View Item View Item