Pengaruh Tayangan Vlog Maya Rachma Terhadap Minat Menjadi Jurnalis Pada Generasi Z (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)

ALPATIHA, NABILLAH ANANDA (2021) Pengaruh Tayangan Vlog Maya Rachma Terhadap Minat Menjadi Jurnalis Pada Generasi Z (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Tayangan Vlog Maya Rachma Terhadap Minat Menjadi Jurnalis Pada Generasi Z (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh tayangan vlog Maya Rachma terhadap minat generasi z menjadi jurnalis dan mengukur seberapa besar pengaruh menonton tayangan vlog Maya Rachma terhadap minat menjadi jurnalis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 40 sampel penelitian. Instrumen penelitian dalam penelitian ini diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis korelasi, regresi linier sederhana, uji t, dan uji koefesien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tayangan vlog Maya Rachma terhadap minat mahasiswa generasi Z menjadi jurnalis. Bisa dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 yaitu 0,000 < 0,598. Korelasi antara variabel tayangan vlog Maya Rachma (X) dengan variabel minat mahasiswa generasi z menjadi jurnalis (Y) tergolong kuat yaitu 0,718. sedangkan untuk uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh tayangan vlog Maya Rachma terhadap minat menjadi jurnalis pada generasi Z sebesar 0,515 atau 51,5 % sedangkan sisanya sebesar 48,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan bahwa variabel (X) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel (Y), dari hasil uji hipotesis tersebut terbukti bahwa “Terdapat pengaruh tayangan vlog terhadap minat mahasiswa generasi z menjadi jurnalis”. Kata Kunci: Vlog, Maya Rachma, minat menjadi jurnalis, generasi Z

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Vlog, Maya Rachma, minat menjadi jurnalis, generasi Z
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 27 May 2022 07:01
Last Modified: 27 May 2022 07:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20462

Actions (login required)

View Item View Item