ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KEBIJAKAN PEMERINTAH TERKAIT KARTU PRAKERJA SEBAGAI DAMPAK COVID 19 (Analisis pada Kompas.com dan Tribunnews.com)

Istiana, Walimatul (2022) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KEBIJAKAN PEMERINTAH TERKAIT KARTU PRAKERJA SEBAGAI DAMPAK COVID 19 (Analisis pada Kompas.com dan Tribunnews.com). Undergraduate Thesis thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
Walimatul Istiana (1730701157).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kasus Covid-19 di Indonesia menyebabkan banyaknya masyarakat yang di PHK. Presiden Joko Widodo meluncurkan Program Kartu Prakerja sebagai langkah untuk membantu pengangguran dan masyarakat terdampak Covid-19 yang menyita perhatian publik. Media online Kompas.com dan Tribunnes.com adalah beberapa media yang memberitakan kasus program Kartu Prakerja dengan ciri khas media masing-masing,dan tak luput dari ideologinya. Kedua media online tersebut memiliki banyak pembaca dan masuk kedalam urutan 4 besar dari 10 website berita paling banyak diakses di Indonesia dalam perangkat situs web dunia Alexa.com. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris analisis framing Zhondang Pan dan Kosicki terhadap bingkai berita kebijakan pemerintah terkait Kartu Prakerja sebagai dampak Covid-19 pada media online Kompas.com dan Tribunnews.com. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi yaitu melalui arsip-arsip tertulis dari media Kompas.com dan Tribunnews.com. Peneliti menggunakan teori analisis framing Zhondang Pan dan Kosicki dengan perangkat sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Berdasarkan hasil analisis menunjukan Kompas.com secara jelas terlihat bahwa media ini lebih mengarah ke pihak yang berlawanan atau kontra dengan pemerintah dengan kata lain tidak setuju dengan program Kartu Prakerja. Sedangkan Tribunnews.com secara tersirat memberi sudut pandang keberpihakan dengan pemerintah atau mendukung program Kartu Prakerja. Kata kunci : Covid-19, Media, Framing.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 30 May 2022 07:45
Last Modified: 31 May 2022 02:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20475

Actions (login required)

View Item View Item