Maulita, Desi (2022) MANAJEMEN KELAS MASA PANDEMI COVID 19 DI MTs PONDOK PESANTREN SABILUL HASANAH BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (158kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
MANAJEMEN KELAS MASA PANDEMI COVID 19 DI MTs PONDOK.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Manajemen Kelas Masa Pandemi Covid 19 di MTs Sabilul Hasanah Banyuasin. Dengan permasalahan pokok yang dijadikan sebagai sumber permasalahan yaitu seperti yang kita ketahui bahwa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diperlukan Manajemen Kelas yang baik, namun keadaan saat ini karena adanya pandemi Covid 19 tidak semua sekolah menerapkan kebijakan pembelajaran tatap muka tetapi secara daring, penulis menemukan di sekolah MTs Pondok Pesantren Sabilul Hasanah menerapkan kebijakan pembelajaran tatap muka tetapi sesuai dengan prosedur protokol kesehatan yang ada. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Guru/wali kelas sebagai informan pokok atau utama, kepala sekolah, waka sarana prasarana, waka kesiswaan, peserta didik sebagai informan pendukung. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sehingga data dapat diketahui dengan baik, serta untuk keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan manajemen kelas masa pandemi covid 19 di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Hasanah sudah terlaksana dengan baik, dalam pelaksanaan kegiatan manajemen kelas di bagi menjadi dua yaitu pengaturan peserta didik diantaranya ada Tingkah laku, Kedisiplinan, Gairah belajar, Dinamika kelompok dan pengaturan fasilitas diantaranya ada Ventilasi, Pencahayaan, Kenyamanan, Letak duduk, Penempatan siswa. Dari dua pengaturan kegiatan manajemen kelas tersebut sudah dilakukannya dengan baik. Dan adapun syarat pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid 19 sesuai dengan protokol kesehatan sudah memenuhi syarat yang sudah ditetapkan. Adapun faktor pendukung dari pelaksanaan manajemen kelas adalah adanya pengelompokan akhlak dan fasilitas kelas. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya adalah Guru, Peserta didik, serta fasilitas kurangnya meja dan kursi yang kurang memadai. Kata Kunci : Pelaksanaan, Kegiatan Manajemen Kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan, Kegiatan Manajemen Kelas |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN #3 |
Date Deposited: | 31 May 2022 07:24 |
Last Modified: | 31 May 2022 07:24 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20491 |
Actions (login required)
View Item |