SIFAT KHABARIYAH ALLAH DALAM PERSPEKTIF ABUL HASAN AL-ASY’ARI (Studi Analisis Terhadap Kitab Al-Ibanah ‘An Ushulid Diyanah)

HUSNA, LATIFUL (2022) SIFAT KHABARIYAH ALLAH DALAM PERSPEKTIF ABUL HASAN AL-ASY’ARI (Studi Analisis Terhadap Kitab Al-Ibanah ‘An Ushulid Diyanah). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SIFAT KHABARIYAH ALLAH DALAM PERSPEKTIF.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Sebagaimana yang telah penulis ketahui begitu pentingnya keyakinan dalam agama demi amencapai interaksi keimanan yang tertinggi. Salah satu wujud keiimanan itu adalah meyakini bahwa Allah memiliki sifat yang dikehendaki-Nya. Sudah tentu harus ada komuniksi yang jelas terhadap hamba dan Tuhan nya sehingga terpadunya kedua kegitan dalam mencapai keimanan yang hakiki. Oleh karena itu peneliti juga bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana pemikiran Sentral Aqidah Imam Abul Hasan Al-Asy’ari dalam perkara Sifat Khabariyah Allah dalam menganalisis kitab AlIbanah An Ushul Ad Diyanah. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah : (1) Bagaimana macam-macam sifat Khabariyah Allah dalam Al-Ibanah An Ushul Ad Diyanah?, (2) Bagaimana pemikiran Imam Abul Hasan Al-Asy’ari tentang sifat Khabariyah Allah dalam kitab Al-Ibanah ‘An Ushulid Diyanah?, (3) Bagaimana Pendekatan Penafsiran tentang Sifat Khabariyah Allah pada Kitab Al-Ibanah’An Ushulid Diyanah?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan dengan jenis penelitian kepustakaan (libari research), sumber data perimer adalah kitab Al-Ibanah An Ushul Ad Diyanah dan data skundernya adalah terjemah Al-Ibanah An Ushul Ad Diyanah dan kitab lainnya yang bersangkutan dan relevan dengan topik pembahasan. Adapaun teknis analisis data menggunakan metode Deskriptif Analisis dan metode content analysis, temuan penelitian ini menunjukan bahwa pemikiran Abul Hasan AlAsy’ari tentang sifat Khabariyah Allah dalam kitab Al-Ibanah ‘An Ushulid Diyanah sangat menjadi bahan pelemik terhadap ranah pemikiran aqidah umat Islam. Dengan hal ini bahwa pengertian aqidah terkait Sifat Khabariyah Allah menurut aqidah Al-Asy’ari merupakan sifat Allah yang tidak dapat di tiadakan oleh makhluk. Sifat Khabariyah Allah merupakan apa yang dimaksud sesuai firman-Nya, makna yang dikehendaki-Nya, makna yang disucikan dari bersentuhan, berdiam, bertempat, berarah dan berpindah serta makna yang jauh dari semua sifat makhluk seperti Allah mempunyai tangan, kaki, mata dan wajah. Dalam penetapan sifat tersebut Al-Asy’ari menggunakan dua pendekatan metode yaitu metode tafwidh dan takwil. Awal dalam mencapai ridha Allah yang mengantarkan seseorang dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Kata Kunci : Sifat Khabariyah Allah, Kitab Al-Ibanah ‘An Ushulid Diyanah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Sifat Khabariyah Allah, Kitab Al-Ibanah ‘An Ushulid Diyanah
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:29
Last Modified: 02 Jun 2022 04:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20520

Actions (login required)

View Item View Item