Reseliensi istri dalam pernikahan poligami (studi kasusu klien ‘’A’’ Dan ‘’S’’ yang mengalami Resiliensi yang rendah akibat di poligami di Desa TanjungNing Simpang Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang)

RESTI, RENTI (2020) Reseliensi istri dalam pernikahan poligami (studi kasusu klien ‘’A’’ Dan ‘’S’’ yang mengalami Resiliensi yang rendah akibat di poligami di Desa TanjungNing Simpang Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ‘’Reseliensi istri dalam pernikahan poligami (studi kasusu klien ‘’A’’ Dan ‘’S’’ yang mengalami Resiliensi yang rendah akibat di poligami di Desa TanjungNing Simpang Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang)’’. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab konflik marital dalam pernikahan poligami, untuk mengetahui resiliensi istri terhadap konflik marital dalam pernikahan poligami dan untuk mengetahui dampak psikologis terhapap istri dalam pernikahan poligami. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan . Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah 2 istri yang dipoligami. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu metode penentuan responden untuk dijadikan subjek berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab konflik marital dari keluarga poligami adalah kerusakan akhlak, perbedaan pendirian, faktor ekonomi, faktor biologis, dan faktor pihak ketiga. Sedangkan resiliensi istri terhadap konflik marital dalam pernikahan poligami adalah mengontrol emosi, atensi dan mempertahankan kesehatan fisik. Untuk dampak psikologis yang ditimbulkan diantaranya adalah adanya ketidak bahagian dalam pernikahan, tidak adanya hubungan harmonis antara istri pertama dengan suami, hilang kontak batin, kecendrungan istri pertaman bersikap sensitive, merendahkan istri pertama, tidak adil suami dalam pemberian nafkah lahir, sering merasa was-was bahwa suaminya akan lebih dekat dengan istri kedua dan anak-anak dari istri kedua, dan perasaan malu dengan lingkungan sekitar Kata kunci: Poligami, Konflik Marital, Resiliensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Poligami, Konflik Marital, Resiliensi.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:23
Last Modified: 17 Jun 2022 02:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20742

Actions (login required)

View Item View Item