PERUBAHAN PERILAKU KOMUNIKASI DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DARING GURU DAN SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Terhadap Sekolah Menengah Pertama Negeri Muara Kati Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut Kabupaten Musi Rawas)

JUNAIDI, RAHMAD (2022) PERUBAHAN PERILAKU KOMUNIKASI DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DARING GURU DAN SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Terhadap Sekolah Menengah Pertama Negeri Muara Kati Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut Kabupaten Musi Rawas). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI_RAHMAD JUNAIDI_1710701022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pandemi covid-19 Ini mengakibatkan pembelajaran siswa harus dilaksanakan secara daring untuk mencegah penularan covid-19. Pembelajaran daring merupakan salah satu metode pembelajaran online atau dilakukan melalui jaringan internet. Pembelajaran daring dikembangkan untuk memperluas jangkauan layanan pendidikan dan juga meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan. Walaupun tidak sama dengan pembelajaran bertatap muka di kelas, namun pembelajaran daring ini memberikan solusi agar terhindar dari penularan wabah yang saat ini terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data nya adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori perubahan sikap. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terjadinya perubahan perilaku komunikasi dalam sekolah daring antara guru dan siswa dimasa pandemi covid-19 mengakibatkan kurangnya interaksi langsung antar guru dan siswa karena sekolah daring dimasa pandemi covid-19. Hal ini berdampak pada kurangnya interaksi dan pengawasan secara langsung ketika sekolah daring berlangsung dan beberapa narasumber mengatakan seringkali siswa kurang memperhatikan saat belajar daring berlangsung. Perubahan perilaku komunikasi dalam sistem pembelajaran daring yang terjadi antara guru dan siswa dalam sekolah daring telah membuat adanya perubahan komunikasi belajar antara guru dan siswa. dalam pembelajaran daring guru menyampaikan materi pembelajaran dengan cara memvisualisasikan materi apa yang akan disampaikan kepada siswa sehingga pengiriman pesan dalam proses komunikasi yang lebih kreatif dan variatif sehingga siswa mudah untuk menerima materi yang disampau oleh guru saat sekolah daring. Kata Kunci : Covid-19, Daring, Perilaku, Komunikasi, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:51
Last Modified: 20 Jun 2022 08:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20751

Actions (login required)

View Item View Item