Membangun Pengawasan Berkelanjutan di Bidang Pendidikan

Ahmad, Zainuri (2020) Membangun Pengawasan Berkelanjutan di Bidang Pendidikan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, 9 (2). pp. 213-220. ISSN 2303-2952

[img]
Preview
Text
5641-Article Text-24506-1-10-20210411.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana membangun pengawasan yang berkelanjutan di bidang pendidikan. Adapun dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, sehingga hanya melihat tinjauan berdasarkan teori-teori yang ada. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembinaan dan pengembangan profesi guru merupakan hal yang sangat penting, karena akan berdampak pada mutu sekolah/madrasah, akan tetapi perlu diperhatikan usaha pembinaan dan pengembangan kompetensi tenaga pendidik hendaknya diikuti oleh peran serta pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta harus didukung oleh stakeholder seperti masyarakat. Selain itu, harus adanya motivasi kerja guru, menerapkan manajemen terbuka, penerapan deskripsi pekerjaan dengan tugas dan fungsi yang jelas, menerapkan hubungan vertikal ke bawah, pemetaan program dan kegiatan peningkatan motivasi kerja, pengawasan yang berkelanjutan dan menyeluruh, dan evaluasi. Kata Kunci: pengawasan, berkelanjutan, pendidikan Abstract: This study aims to describe how to build sustainable supervision in the field of education. As for this study, using literature research, so that only looking at reviews based on existing theories. This study concludes that the coaching and professional development of teachers is very important, because it will have an impact on the quality of schools/madrasahs, but it is necessary to pay attention to efforts to develop and develop the competence of educators, which should be followed by the participation of the central and local governments and must be supported by stakeholders like society. In addition, there must be teacher work motivation, implementing open management, implementing job descriptions with clear tasks and functions, implementing vertical downward relationships, mapping programs and activities to increase work motivation, continuous and comprehensive supervision, and evaluation.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: supervision, continuing, education
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Aspek sosial dari pendidikan
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:18
Last Modified: 30 Jun 2022 03:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20852

Actions (login required)

View Item View Item