PENYEMBUHAN PENYAKIT PSIKIS DAN FISIK DENGAN METODE SUFI HEALING (STUDI ANALISIS BUKU KARYA SYAMSUL BAKRI DAN AHMAD SAIFUDDIN)

Ummah, Ulfa Khoirul (2022) PENYEMBUHAN PENYAKIT PSIKIS DAN FISIK DENGAN METODE SUFI HEALING (STUDI ANALISIS BUKU KARYA SYAMSUL BAKRI DAN AHMAD SAIFUDDIN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENYEMBUHAN PENYAKIT PSIKIS DAN FISIK DENGAN.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Penyembuhan Penyakit Psikis dan Fisik dengan Metode Sufi Healing (Studi Analisis Buku Karya Syamsul Bakri dan Ahmad Saifuddin). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dimensi psikologi di dalam metode sufi healing menurut Syamsul Bakri dan Ahmad Saifuddin serta bagaimana metode sufi healing dalam penyembuhan penyakit psikis dan fisik menurut Syamsul Bakri dan Ahmad Saifuddin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi psikologi di dalam metode sufi healing menurut Syamsul Bakri dan Ahmad Saifuddin, serta untuk mengetahui metode sufi healing dalam penyembuhan penyakit psikis dan fisik menurut Syamsul Bakri dan Ahmad Saifuddin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan penelusuran kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis isi (conten analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi psikologi di dalam metode sufi healing menurut Syamsul Bakri dan Ahmad Saifuddin di antaranya: unsur katarsis, unsur pengelolaan dan pengaturan napas, rekonstruksi kognisi, mekanise pembiasaan, unsur pengendalian diri, serta unsur pergerakan tubuh dan peregangan otot. Kemudian metode sufi healing dalam penyembuhan penyakit psikis dan fisik menurut Syamsul Bakri dan Ahmad Saifuddin yaitu zuhud, kanaah, khauf, tawakal, ingat mati, sholat, dzikir dan do’a, puasa, serta berprasangka baik dan berpikir positif. Hasil penelitiannya dapat disimpulkan bahwa dimensi psikologi di dalam metode sufi healing dari enam unsur tersebut bisa dijadikan metode dalam penyembuhan penyakit psikis seperti : stres, cemas, depresi, menjadikan pikiran, hati lebih tenang. Kemudian 9 metode sufi healing dapat dijadikan penyembuhan penyakit psikis dan fisik yaitu zuhud dapat mengatasi penyakit stres, kanaah dapat mengatasi kecemasan, ketakutan, dzikir meningkatkan kesehatan fisik maupun psikis, sholat memperlancar aliran darah, puasa dapat mengendalikan diri, berprasangka baik dan berpikir positif mengubah pikiran irasional menjadi rasional, ingat mati dapat mengendalikan seseorang dari perilaku abnormal. Kata Kunci : Metode Sufi Healing, Penyembuhan Penyakit Psikis dan Fisik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Sufi Healing, Penyembuhan Penyakit Psikis dan Fisik
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:19
Last Modified: 06 Jul 2022 04:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21012

Actions (login required)

View Item View Item