PERSEPSI MAHASISWA FISIP UIN RADEN FATAH PALEMBANG PADA PEMESANAN BARANG VIA FACEBOOK

Feronika, Puput Lisa (2022) PERSEPSI MAHASISWA FISIP UIN RADEN FATAH PALEMBANG PADA PEMESANAN BARANG VIA FACEBOOK. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Puput Lisa Feronika 1657010098.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)

Abstract

ABSTRAK Persepsi merupakan suatu proses yang didahului oleh pengindraan, yaitu proses diterimanya stimulus oleh individu melalui alat indra atau bisa disebut proses sensoris. Namun proses itu tidak berhenti begitu saja, melainkan stimulus tersebut diteruskan dan proses selanjutnya disebut proses persepsi. New media merupakan sebuah istilah untuk menggambarkan kemunculan era baru dalam berkomunikasi atau berinteraksi, computer, jaringan informasi dan komunikasi. Media social menawarkan beragam jenis media yang dapat dipilih para penggunanya sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna, seperti Facebook, Line, Instagram, Whatshapp, Youtobe dan masih banyak lagi. Keberagaman media social membuat suatu informasi bisa tersebar melalui beragam jenis konten tidak hanya berbentuk teks, audio, visual, foto atau gambar maupun audio visual. Facebook adalah sosial media nomor 1 yang paling banyak di akses oleh masyarakat Indonesia. Dengan masifnya perkembangan pengguna facebook dan aktifnya penggunaan internet Indonesia, melahirkan peluang dan potensi bisnis bagi beberapa orang yang kemudian di kenal dengan istilah social media marketing. Hal ini dikarenakan facebook memiliki basis data lengkap penggunanya dari apa yang mereka sukai, usia, demografi, geografis, ketertarikan, minat dan lainnya yang kemudian dicocokan dengan segmentasi iklan (facebook ads) dari produk yang bekerja sama dalam periklanan facebook. Jenis pendekatan penelitian yang dipilih adalah kualitatif deskriptif analisis. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, dimana data kualitatif yaitu data yang disajikan dalam bentuk kata verbal bukan dalam bentuk angka. Teknik penelitian yang dilakukan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang digunakan dalam pengambilan wawancara sebanyak 6 orang narasumber. Teori yang digunakan teori Laurens menyebutkan beberapa faktor sebagai berikut: Gaya Hidup, Keakraban dengan lingkungan, Keakraban sosial, Kelas social, Perbedaan Laki – Laki dan Perempuan (Gender). Hasil dari penelitian ini Persepsi mahasiswa terhadap pemesanan barang via facebook sangat beragam, ada beberapa informan berpendapat bahwa dengan memesan barang produk skin care di facebook sangat memudahkan para informan, dengan biaya dan jarak. Serta dengan menggunakan aplikasi facebook membuat mereka bisa memesan apa saja selain dari produk skin care tersebut. Dengan aplikasi facebook juga membuat para pembeli suatu barang atau produk itu lebih mudah berinteraksi. Kata Kunci : Persepsi, Pemesanan Barang, Facebook

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:53
Last Modified: 25 Jul 2022 04:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21251

Actions (login required)

View Item View Item