Pengaruh pendapatan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi rumah tangga dalam perspektif ekonomi Islam (studi kasus di desa Beringin Agung kecamatan Muara Sugihan kabupaten Banyuasin)

Eli Nurohmah, Eli Nurohmah (2022) Pengaruh pendapatan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi rumah tangga dalam perspektif ekonomi Islam (studi kasus di desa Beringin Agung kecamatan Muara Sugihan kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
skripsi Eli Nurohmah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi rumah tangga dalam perspektif ekonomi Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah rumah tangga Desa Beringin Agung Kecamatan Muara Sugihan yang memiliki umur 25 tahun ke atas (sudah berumah tangga). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer. Sampel yang diambil adalah sebanyak 87 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumsi. (2) Gaya Hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumsi. (3) Pendapatan dan Gaya Hidup secara bersama-sama berpengaruh terhadap Perilaku Konsumsi. (4) Ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam maka pengaruh Pendapatan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumsi telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah, dimana konsumsi masyarakat tidak berlebih-lebihan serta lebih mementingkan kebutuhan dibandingkan keinginan. Masyarakat juga selalu mengkonsumsi sesuatu yang halal dan thayyibah. Kata Kunci: Gaya Hidup, Pendapatan, Perilaku Konsumsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: ELI NUROHMAH
Date Deposited: 26 Jul 2022 06:17
Last Modified: 26 Jul 2022 06:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21257

Actions (login required)

View Item View Item