Pengaruh Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Financial Distress dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2019

S.E, FAIZAL (2022) Pengaruh Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Financial Distress dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2019. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, leverage dan ukuran perusahaan terhadapfinancial distressdengan profitabilitas sebagai variabel interveningpada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2019. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder berupa laporan keuangan yang bersifat kuantitatif dan diperoleh dari www.idx.co.id dan www.ojk.go.id. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan asuransi yang telah go publicdan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2014 – 2019. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan.Diperoleh jumlah sampel sebanyak 12 perusahaan dengan periode pengamatan selama 6 tahun, sehingga terdapat 16 perusahaan.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur menggunakan program eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa likuiditas berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas.Sedangkan leveragedan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas. Selanjutnya likuiditas, leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap financial distress.Dalam pengujian causal step menunjukkan bahwa profitabilitas hanya mampu memediasi antara pengaruh likuiditasterhadap financial distress. Sedangkan variabel leveragedan ukuran perusahaan terhadap financial distress tidak mampu dimediasi oleh profitabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, financial distress dan profitabilitas
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: FAIZAL S.E
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:33
Last Modified: 27 Jul 2022 03:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21304

Actions (login required)

View Item View Item