ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS KEMATIAN ANGGOTA RESIMEN MAHASIWA (MENWA) UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM PERIODE OKTOBER 2021 Skripsi

DESI, DESI (2022) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS KEMATIAN ANGGOTA RESIMEN MAHASIWA (MENWA) UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM PERIODE OKTOBER 2021 Skripsi. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1 -5 fiks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Skripsi ini berjudul “Analisis Framing Pemberitaan Kasus Kematian Anggota Menwa UNS Pada Media Online Kompas.Com Periode Oktober 2021”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana media online Kompas.com dalam membingkai pemberitaan kasus kematian anggota Menwa tersebut. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai bagaimana analisis framing tentang kasus kematian anggota menwa UNS dibingkai oleh media online Kompas.com. Penelitian ini mengggunakan teori framing dengan pendekatan metode kualitatif. Analisis framing yang digunakan pada penelitian ini yaitu model Pan dan Kosicki. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati teks berita dengan empat struktur analisis framing, yaitu Sintaksis (mengidentifikasi masalah), Skrip (strategi cerita dalam teks berita), Tematik (mengungkapkan pandagan wartawan dalam teks berita), Retoris (cara wartawan menekankan fakta). Penelitian ini menganlisis 5 berita yang terdapat pada media online Kompas.com yang dimulai pada tanggal 25-30 Oktober 2021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa framing dari berita ini hampir keseluruhan di bentuk melalui judul berita, yang penekanannya kepada mahasiswa UNS, seolah-olah kesalahan yang terjadi di sebabkan oleh pihak panitia dan UNS, secara sumber dan tempat bahwa fakta-fakta yang menunjukan peristiwa tersebut benar-benar terjadi. Kata kunci: Analisis Framing, Kompas.Com, Berita Kriminal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: DESI
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:24
Last Modified: 28 Jul 2022 03:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21338

Actions (login required)

View Item View Item