Analisis Pengaruh Tangible, Responsiveness Dan Assurance Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank Muamalat KCU Palembang)

Elsyifa, Azizah (2022) Analisis Pengaruh Tangible, Responsiveness Dan Assurance Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank Muamalat KCU Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL AZIZAH ELSYIFA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Palembang merupakan salah satu bank syariah yang ada di kota Palembang. Bank ini cukup dikenal nasabah syariah karena eksistensinya sebagai bank syariah pertama di Indonesia. Namun eksistensi dari bank muamalat tidak bertahan lama sejak kemunculan bank-bank syariah lain. Hal ini dibuktikan dengan penurunan jumlah nasabah menabung di Bank Muamalat Kantor Cabang UtamaPalembang tahun 2020 sebanyak 39 nasabah atau sebesar 0,9 %. Seiring dengan itu beberapa dimensi kualitas pelayanan Bank Muamalat Kantor Cabang UtamaPalembang masih sangat minim seperti kurangnya fasilitas ATM di kota (Tangible), pelayanan yang kurang cepat (Responsiveness) dan wawasan karyawan bank yang masih kurang (Assurance). Kualitas pelayanan merupakan instrumen yang berkaitan langsung dengan harapan dan kebutuhan nasabah. Hal ini tentu berpengaruh terhadap kepuasan nasabah yang kemudian menentukan loyal tidaknya nasabah terhadap bank tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kepada 100 orang nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Palembang. Untuk jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Dengan beberapa uji asumsi klasik yang digunakan seperti uji validitas reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan path analysis. Dari hasil analisis yang dilakukan didapat hasil bahwa variabel tangible, responsiveness dan assurance berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah, variabel kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, tangible, responsiveness dan assurance berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah serta tangible, responsiveness dan assurance berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah yang di mediasi oleh kepuasan nasabah. Kata Kunci : Tangible, Responsiveness, Assurance, Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tangible, Responsiveness, Assurance, Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: AZIZAH ELSYIFA
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:42
Last Modified: 02 Aug 2022 08:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21477

Actions (login required)

View Item View Item