Komunikasi persuasif pengurus masjid dalam membimbing remaja masjid Al-Barokah untuk meningkatkan pemahaman agama di desa Sukadamai kec. Sukarami

Aji akbar, Ahmad (2022) Komunikasi persuasif pengurus masjid dalam membimbing remaja masjid Al-Barokah untuk meningkatkan pemahaman agama di desa Sukadamai kec. Sukarami. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
ahmad aji akbar (BAB 1-5).doc

Download (80MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul komunikasi persuasif pengurus Masjid dalam membimbing Remaja Masjid Al-Barokah untuk meningkatkan pemahaman agama. Komunikasi secara etimologis, berasal dari bahasa latin communico yang artinya membagi.Membagi di sini adalah membagi gagasan, ide atau pikiran antara seseorang dan orang lain, sedangkan komunikasi persuasif adalah komunikasi yang bertujuan untuk mengubah atau mempengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator. Pemahaman agama adalah kesempurnaan agama Islam bukan sekedar penelitian subjektif, melainkan diakui secara objektif oleh para cendikiawan non muslim, seperti yang dinyatakan oleh V.N.D.Dean bahwa Islam is complete integration of religion, political system, way of life and interpretation of history. Islam adalah pebedaan hidup serta penafsiran sejarah. Agama Islam yang kandungan ajarannya sangat sempurna tetapi tidak berbelit-belit itu ditegakan diatas pilar utama. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Umar bin Khatab r.a Rasulullah sa diterangkan bahwa ajaran islam memuattiga ajaran dasar, yaitu iman, ikhsan dan islam. Ketiga ajaran ini pada hakekatnya merupakan satu kesatuan yang buat dan utuh, yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Sesungguhnya Islam itu adalah agama samawai, ia berfungsi sebagai rahmatan lil alamin. Allah mewahyukan agama Islam dalam nilai-nilai kesempurnaan tertinggi meliputi segi-segi fundementil tentang duniawi dan ukhrawi guna mengantarkan kehidupan manusia ketaraf keselamatan, kemuliana dan kebahagiaan abadi. Agama Islam bersifat universal dan eternal sesuai dengan fitrah manusia. Manusia yang beriman kepada Al-Quran cenderung hatinya menuju petunjuk Al-Quran tanpa ragu-ragu mengakui kebenaran dan ketinggian Islam sebagai agama terbaik menata kehidupannya ke arah kemuliaan dan kebahagiaan sejati. Pemuda atau pun remaja dalam mengaktualisasikan diri biasanya melalui wadah organisasi. Di sinilah terletak kesempatan yang baik bagi perkumpulan-perkumpulan remaja untuk mengorganisir dirinya dan menyalurkan segala kehendak hati, keinginan dan angan-angan sebagai pembuktian bahwa mereka patut mendapat pengakukan masyarakat lingkungannya. Melalui perkumpulan-perkumpulan itu mereka memperoleh kesempatan dan mendapatkan pengalaman-pengalaman yang mematangkan diri mereka. Melalui pengalaman-pengalaman itu mereka menemukan dirinya sendiri, menyadari batas-batas dan upaya-uapaya yang dapat disambungkannya, dan terjadilah saling didik mendidik di antara sesamanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: komunikasi, komunikasi persuasif, Pemahaman agama, Islam, Remaja
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: AHMAD AJI AKBAR
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:14
Last Modified: 03 Aug 2022 05:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21481

Actions (login required)

View Item View Item