PERANAN DINAS KOPERASI DAN UMKM DALAM PEMBINAAN USAHA KECIL MENENGAH UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN SERASAN JAYA LINGKUNGAN 7 KECAMATAN SEKAYU.

Akiko, Leidy Vit (2022) PERANAN DINAS KOPERASI DAN UMKM DALAM PEMBINAAN USAHA KECIL MENENGAH UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN SERASAN JAYA LINGKUNGAN 7 KECAMATAN SEKAYU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI LEIDY-dikonversi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK LEIDY.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SodaPDF-converted-DAFTAR PUSTAKA LEIDY-converted.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB I-V Skripsi Leidy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Mengingat banyaknya pengangguran dan tidak semua orang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi untuk memperoleh pekerjaan, maka keberadaan UKM ini memberikan peluang yang besar untuk penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat yang tidak memiliki pendidikan tinggi atau masyarakat kecil dan menengah serta dapat dijadikan sebagai sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Setelah dilakukan observasi peneliti menemukan beberapa permasalahan yang terjadi pada para pelaku usaha kecil dan menengah yaitu kurangnya fasilitas untuk mempromosikan hasil usahanya, kekurangan dana untuk memperbesar usaha, sumber daya manusianya yang kurang inovasi untuk membuat hal-hal baru untuk menarik konsumen. Apalagi ketika adanya kondisi seperti sekarang adanya pandemic yang menyebabkan semua aktivitas menjadi terbatas, teknologi sangat berpengaruh untuk mempromosikan hasil usahanya, akan tetapi banyak pelaku usaha yang minim pengetahuan dalam menggunakan teknologi yang semakin modern. Rumusah masalah dalam penelitian ini yaitu, pertama, Bagaimana peranan Dinas Koperasi dan UMKM dalam pembinaan usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan. Sersan jaya lingkup 7 Kecamatan. Sekayu?, yang kedua, Bagaimana Hambatan Dinas Koperasi dan UMKM dalam pembinaan usaha kecil menengah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan. Sersan Jaya lingkungan 7 Kecamatan. Sekayu?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini peneliti mendapatkan bahwasanya peranan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Musi Banyuasin berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Beberapa peranan dalam pembinaan yang dilakukan Dinas Koperasi dan UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan usaha kecil dan menengah yaitu, memberikan fasilitas promosi hasil usaha, memberikan pelatihan kepada usaha kecil dan menengah, memberikan bantuan kepada usaha kecil dan menengah dan memberikan bantuan dalam izin usaha mikro kecil (IUMK). Serta beberapa hambatannya yaitu pada, sumber daya manusia, permodalan dan inovasi. Kata Kunci: Peranan, Dinas Koperasi dan UMKM, Pembinaan, Usaha Kecil dan Menengah, Kesejahteraan, Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peranan, Dinas Koperasi dan UMKM, Pembinaan, Usaha Kecil dan Menengah, Kesejahteraan, Masyarakat.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LEIDY VIT AKIKO
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:03
Last Modified: 05 Aug 2022 02:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21534

Actions (login required)

View Item View Item