Pengembangan Media Scrapbook Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B di TK Panca Karsa Kota Palembang

Mareta, Rohima (2022) Pengembangan Media Scrapbook Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B di TK Panca Karsa Kota Palembang. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI PDF.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
KARYA ILMIAH BAB I PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
KARYA ILMIAH BAB II PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
KARYA ILMIAH BAB III PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
KARYA ILMIAH BAB IV PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
KARYA ILMIAH BAB V PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Scrapbook Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B di TK Panca Karsa Kota Palembang”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan media yang secara bervariasi diupayakan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini kelompok B di TK Panca Karsa Kota Palembang, yang masih belum berkembang secara optimal. Sehingga anak didik kesulitan dalam menyelesaikan kegiatan sekolah yang berhubungan dengan motorik halus. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana media scrapbook bahan alam dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok B di TK Panca Karsa Kota Palembang yang valid, praktis, dan efektif. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan Research And Development (R&D) jenis Borg and Gall yang terdapat 10 langkah namun yang digunakan peneliti hanya 6 langkah saja, dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan secara wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan hasil test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media scrapbook bahan alam ini valid, praktis, dan efektif. Hasil penilaian yang dilakukan oleh dosen ahli materi 1 diperoleh skor akhir 87 dengan tingkat kevalidan yang sangat valid, kemudian ahli materi 2 diperoleh skor akhir yang sama yaitu 87 dengan tingkat kevalidan yang sangat valid, dan terakhir dosen ahli media diperoleh nilai akhir 95 dengan tingkat kevalidan yang sangat valid. Selanjutnya hasil angket pada guru kelas B1 mendapatkan skor akhir 93 dengan tingkat kepraktisan yang sangat praktis, serta untuk hasil uji keefektifan yang dilakukan peneliti didapatkan hasil akhir yaitu Thitung < Ttabel, atau 0.007< 2.021. Jadi pada uji keefektifan dinyatakan bahwa media scrapbook bahan alam merupakan media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok B di TK Panca Karsa Kota Palembang. Kata kunci: Media Scrapbook Bahan Alam, Kemampuan Motorik Halus, Anak Usia Dini Kelompok B.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Scrapbook Bahan Alam, Kemampuan Motorik Halus, Anak Usia Dini Kelompok B.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ROHIMA MARETA
Date Deposited: 09 Aug 2022 01:11
Last Modified: 09 Aug 2022 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21575

Actions (login required)

View Item View Item