Upaya Pengurus Masjid Dalam Pembinaan Akhlak Terhadap Remaja Melalui Majelis Taklim Remaja (MTR) Di Masjid Jami' Nurul Islam Palembang

Sri Hastuti, Nabila Indah (2022) Upaya Pengurus Masjid Dalam Pembinaan Akhlak Terhadap Remaja Melalui Majelis Taklim Remaja (MTR) Di Masjid Jami' Nurul Islam Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI NABILA.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK NABILA.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB 1-5 NABILA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA NABILA.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya Pengurus Masjid Dalam Pembinaan Akhlak Terhadap Remaja Melalui Majelis Taklim Remaja (MTR) di Masjid Jami’ Nurul Islam Palembang. Menurunnya akhlak yang menimpa kalangan remaja saat ini terjadi akibat minimnya pemahaman remaja terhadap agama, masih kurang efektif dalam berpikir secara logis, masih labil dalam menentukan mana yang baik dan mana yang buruk, bebasnya pergaulan akibat perkembangan IPTEK seperti pengaruh gadget dan media sosial, serta kurangnya pengawasan orang tua dan lingkungan masyarakat. Berbagai hal tersebut yang menyebabkan tidak sedikit remaja menjadi sangat mudah terpengaruh hal-hal negatif. Sehingga pengurus Masjid Jami’ Nurul Islam mengadakan program Majelis Taklim Remaja (MTR) sebagai wadah perkumpulan dalam memberikan pelajaran terutama dalam hal pembinaan akhlak kepada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Dalam teknik penentuan informan, penulis menggunakan teknik snowball sampling. Pada teknik pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, pada teknik analisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwasanya upaya pembinaan akhlak yang dilakukan pengurus masjid terhadap remaja dilakukan melalui Majelis Taklim remaja (MTR) dengan bentuk pembinaan akhlak secara alami, pemberian nasihat, pembiasaan, serta pemberian pujian. Pembinaan akhlak melalui hukuman tidak dilakukan karena dianggap dapat berdampak buruk bagi psikologi remaja. Adapun hasil setelah diadakan pembinaan akhlak terhadap remaja melalui Majelis Taklim Remaja (MTR) yakni terlihat ada peningkatan dan perubahan akhlak dalam diri remaja baik terhadap Allah Swt ataupun sesama manusia di lingkungannya. Kata Kunci : Pengurus Masjid, Pembinaan Akhlak Remaja, Majelis Taklim Remaja (MTR)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengurus Masjid, Pembinaan Akhlak Remaja, Majelis Taklim Remaja (MTR)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: NABILA INDAH SRI HASTUTI
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:32
Last Modified: 26 Aug 2022 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21580

Actions (login required)

View Item View Item