KETIDAKTAATAN PENYELENGGARA PEMERINTAHAN DAERAH TERHADAP SURAT EDARAN MENTERI KESEHATAN NOMOR HK. 02.01/I/1919/2021 (Studi Kasus Gubernur Kalimantan Timur Dan Wakil Bupati Toraja Utara)

SYAHRIAL, MUHAMMAD ANDI (2022) KETIDAKTAATAN PENYELENGGARA PEMERINTAHAN DAERAH TERHADAP SURAT EDARAN MENTERI KESEHATAN NOMOR HK. 02.01/I/1919/2021 (Studi Kasus Gubernur Kalimantan Timur Dan Wakil Bupati Toraja Utara). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI ANDI SYAHRIAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Etika selalu berkaitan dengan nilai-nilai. Etika suatu ilmu yang menjelaskan arti baik dan buruk suatu tindakan manusia, menerangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia kepada lainnya. Etika merupakan suatu keharusan yang memang harus ada dalam penyelenggaraan pemerintahan. Hal ini dikarenakan guna untuk memastikan agar jalannya pemerintahan tetap berorientasi pada pencapaian tujuan dan kepentingan bersama. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana ketidaktaatan gubernur kalimantan timur dan wakil bupati toraja utara terhadap surat edaran menteri kesehatan serta bagaimana dampak dari ketidaktaatan tersebut. Adapun tujuan dari peneltian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana ketidaktaatan yang dilakukan oleh penyelenggara pemerintahan daerah serta dampak dari ketidaktaatan itu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisa kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data ialah dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini ialah media-media pemberitaan online dari televisi yang membahas tentang ketidaktaatan penyelenggara pemerintahan daerah terhadap surat edaran menteri kesehatan serta buku, jurnal yang berkaitan dengan masalah yang diangkat. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Etika Egoisme dari Rachels. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ketidaktaatan yang dilakukan gubernur kalimantan timur isran noor dan wakil bupati toraja utara frederik victor palimbong merupakan tindakan yang tidak beretika/moral. Sebagai penyelenggara pemerintahan /pemimpin harus memberikan contoh yang baik bagi masyarakatnya. Adapun dampak dari ketidaktaatan yang dilakukan penyelenggara pemerintahan daerah tersebut mengakibatkan masyarakat kehilangan kepercayaan terhadap pemimpinnya. Jika etika selalu tidak dikedepankan terus menerus, maka masyarakat akan kecewa dan kehilangan kepercayaan kepada pemimpin dan pemerintahnya. Kata Kunci: Etika, Pemerintah Daerah, Surat Edaran

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:22
Last Modified: 12 Aug 2022 02:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21625

Actions (login required)

View Item View Item