Rahmi, Rahmi (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL’QUR’AN MELALUI METHODE READING ALOUD PADA MATERI HUKUM BACAAN IIKHFA DI KELAS IV MI DARUSSA’ADAH GUMAI. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (123kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an Melalui Methode Reading Aloud Pada Materi Hukum Bacaan Ikhfa di Kelas IV MI Darussa’adah Gumai.” Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah sebagai respon semakin kurangnya semangat dan kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran tidak kontektual dan kinerja siswa rendah, baik pada proses maupun hasil belajarnya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional, sehinga memerlukan upaya untuk memenuhi tuntutan kurikulum pendidikan. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : Apakah methode reading aloud mampu meningkatkan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an pada materi hukum bacaan ikhfa di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah Gumai. Sedangkan tujuannya, untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an pada materi hukum bacaan ikhfa di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah Gumai dengan menggunakan methode reading aloud. Penelitian ini dilakukan selama 3 minggu pada semester pertama tahun ajaran 2015/2016 di kelas IV dengan jumlah 20 siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes lisan, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan, didapat hasil, yaitu dilihat dari ketuntasan belajar dapat dikemukakan bahwa pra siklus terdapat 65% siswa yang tuntas belajar, siklus I ada 75% siswa yang tuntas belajar, dan ada 95% siswa yang tuntas belajar pada siklus II. Dari penelitian ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunaan methode reading aloud dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an pada materi hukum bacaan ikhfa siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah Gumai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Methode Reading Aloud, kemampuan membaca, kinerja siswa. |
Subjects: | ?? LC ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 07:25 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 07:25 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/217 |
Actions (login required)
View Item |