Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry Kerupuk Di Desa Serimenang Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir

Fitria, fitria (2022) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry Kerupuk Di Desa Serimenang Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI FITRIA FULL BAB (selesai) print.docx
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pemberdayaan adalah upaya untuk membangun kemampuan masyarakat, dengan mendorong, memotivasi, membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki dan berupaya untuk mengembangkan potensi itu menjadi tindakan nyata. Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk meningkatakan harkat, martabat dari golongan masyarakat yang berkondisi miskin, sehingga mereka dapat melepaskan diri dari terbebas dari lingkaran kemiskinan dan keterbelakangan. Home industry adalah rumah usaha produksi barang atau perusahaan kecil. Dikatakan sebagai perusahaan kecil karena jenis kegiatan ekonomi ini dipusatkan dirumah. Home industry dapat bearti industri rumah tangga, karena termasuk usaha kecil yang dikelola keluarga. Pada umumnya, pelaku kegiatan ekonomi yang berada di rumah adalah keluarga itu sendiri, dengan mengajak orang disekitarnya sebagai karyawan. Pengangguran adalah suatu masalah sosial yang sangat mempengaruhi perekonomian disuatu daerah. Penanganan permasalahan perekonomian dan pengangguran perlu dilakukan. Maka salah satu upaya untuk mengatasinya pengangguran, kemiskinan, dan meningkatakan ekonomi masyarakat seperti mendirikan Home Industry kerupuk. Penelitian mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa proses pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan Home Industry Kerupuk dengan mengunakan 3 tahap pemberdayaan yaitu tahap penyadaran, tahap transformasi dan tahap peningkatan intelektual. Sedangkan hasil yang diperoleh masyarakat melalui Home Industry Kerupuk hanya mengunakan 3 dari 8 faktor indicator pemberdayaan yang dikemukakan oleh Schuler, Hashemi, dan Riley. Home Industry Kerupuk ini dapat dikatakan sudah berhasil memberdayakan masyarakat sekitar Home Indusrty Kerupuk. Berhasil merubah masyarakat yang tidak produktif menjadi produktif serta memiliki penghasilan hidup, serta memiliki penghasilan yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan juga dapat dipergunakan dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Home Industry, dan Desa
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: FITRIA
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:45
Last Modified: 16 Aug 2022 07:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

View Item View Item