SPIRITUALITAS DZIKIR AL-MA’TSURAT (Studi Living Quran Praktek Pembacaan Al-Ma’tsurat Hasan Al-Banna Pada UKMK LDK Refah UIN Raden Fatah Palembang)

PRANATA, EKO (2022) SPIRITUALITAS DZIKIR AL-MA’TSURAT (Studi Living Quran Praktek Pembacaan Al-Ma’tsurat Hasan Al-Banna Pada UKMK LDK Refah UIN Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
FULL BAB EKO.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Spiritualitas berarti mempunyai ikatan yang lebih kepada hal yang bersifat kerohanian atau kejiwaan dibandingkan hal yang bersifat fisik atau material. Spiritualitas merupakan kebangkitan atau pencerahan diri dalam mencapai makna hidup dan tujuan hidup Dapat dihubungkan juga antara spiritualitas dengan dzikir al-Ma’tsurat bahwa spiritualitas itu energi atau roh pada dari kehidupan seseorang baik itu pikiran maupun karakternya.Sedangkan juga dzikir al-Ma’tsurat ini sebagai amalan rutinitas yang dimana untuk membangkitkan ruhiyah pada setiap jiwa.Skripsi ini bertujuan untuk mengkaji tentang“Spiritulalitas Dzikir Al-Ma’tsurat (Studi Living Quran Praktek Pembacaan Dzikir Al-Ma’tsurat Hasan Al-Banna Pada UKMK LDK Refah UIN Raden Fatah Palembang)”.Penelitian ini di latar belakangi oleh Mahasiwa UIN Raden Fatah khusus nya pada bagian UKMK LDK Refah, yakni tentang pembacaan dzikir al-Ma’tsurat yang rutin dibaca setiap pagi dan sore bahkan sebelum melaksanan agenda yang ada di UKMK. Kemudian permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah tentang bagaimana kader UKMK LDK Refah dalam membangun spiritualitas dzikir al-Ma’tsurat, dan juga bagaimana resepsi kader UKMK LDK Refah terhadap Dzikir al-Matsurat Hasan Al-Banna. Adapun tujuan dan manfaat penelitian ini pertama, unutk mengetahui bagaimana kader UKMK LDK Refah dalam membangun spiritualitas dzikir al-Ma’tsurat, kedua, untuk bagaimana resepsi kader UKMK LDK Refah terhadap Dzikir al-Ma’tsurat Hasan Al-Banna. Adapun manfaatnya untuk lebih mendekatkan diri pada Allah Swt, seta terhidar dari kejahatan baik itu yang tampak ataupun tidak tampak, dan juga untuk mebuat agar Ruhiyah tetap terjaga.Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis data kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yakni melalui tiga cara: Observasi, wawancara, serta dokumentasi. Lalu ketika data sudah diperoleh maka hasil dari analisis penelitian ini, bahwa dzikir al-Matsurat ini dapat memberikan ketenangan jiwa, membuat kedekan diri pada Allah Swt, terhindardari gangguan jin, sihir, santet, dan gangguan lainnya. Kata Kunci: Dzikir,Al-Ma’tsurat,Living Quran

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76231 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S1)
Depositing User: EKO PRANATA
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:08
Last Modified: 18 Aug 2022 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21719

Actions (login required)

View Item View Item