TERAPI MEMBACA AL-QURAN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN BAGI PECANDU NARKOBADI PONDOK PESANTREN AR-RAHMAN PALEMBANG

PRATAMA, LIYENCE (2022) TERAPI MEMBACA AL-QURAN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN BAGI PECANDU NARKOBADI PONDOK PESANTREN AR-RAHMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text (TERAPI MEMBACA AL-QURAN TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN BAGI PECANDU NARKOBADI PONDOK PESANTREN AR-RAHMAN PALEMBANG)
Skripsi Fix Cece.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Remaja pencandu narkoba ketika didekatkan dengan agama melalui pengenalan terhadap al-Qur’an dan nilai-nilai keagamaan itu sendiri. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kegiatan membaca Al-Quran pecandu narkoba di pondok pesantren Ar-Rahman Palembang ? dan bagaimana hubungan intensitas membaca Al-Quran dengan perilaku keagamaanpecandu narkoba di pondok pesantren Ar-Rahman Palembang?. adapun tujuan secara umum dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis hubungan intensitas membaca Al-Quran terhadap perilaku keagamaan pecandu narkobadi Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan yang mana data yang didapatkan merupakan data kualitatif. Terdiri dari data primer dan sekunder, pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan femonenologis, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisas data dilakukan dengan cara mengamati, melakukan pengambilan data, melakukan perbandingan, dan juga melakukan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini yaitu: pertama, kegiatan membaca Al-Quran bagi pecandu Narkoba di Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang bahwa membaca Al-Qur’an yang dilakukan berulang-ulang memberikan pengaruh positif terhadap pecandu Narkoba, baik secara moral dan sosial karena dapat menghindarkan diri dari pola hidup perilaku menyimpang. Kedua, terapi membaca Al-Qur’an yang dilakukan di Pondok Pesantren Ar-Rahman yaitu (1). dilakukan setelah melaksanakan shalat Magrib berjamaah setiap harinya. (2). Membaca surat-surat pendek berulang-ulang. (3). Dilanjutkan dengan membaca Shalawat Nabi. (4). Terapi (rukyah) secara berjamaah ataupun perseorangan. Dan (4). Shalat Taubatan Nasuhah. Kata Kunci : Intensitas, Al-Qur’an, Perilaku, Keagamaan, Narkobah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Al-Qur’an, Perilaku, Keagamaan, Narkobah
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: LIYENCE PRATAMA
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:22
Last Modified: 18 Aug 2022 01:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21729

Actions (login required)

View Item View Item