TINJAUAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENADAHAN BARANG HASIL CURIAN MENURUT KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA DAN HUKUM PIDANA ISLAM (Studi Putusan No.1341/Pid.B/2019/PN Plg)

Yolanda, Ega (2022) TINJAUAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENADAHAN BARANG HASIL CURIAN MENURUT KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA DAN HUKUM PIDANA ISLAM (Studi Putusan No.1341/Pid.B/2019/PN Plg). Masters thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EGA YOLANDA (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tindak pidana penadahan ialah salah satu faktor pendorong meningkatnya kriminalitas pencurian sepeda motor. Kejahatan terhadap harta kekayaan tidak mungkin terus meningkat jika tidak ada yang bersedia menerima atau menyimpan barang-barang curian tersebut, tidak mungkin si pencuri mau menyimpan dan memiliki benda-benda curian itu, di sinilah peran penadah sangat dibutuhkan. Peran pendah itu sendiri adalah sebagai jembatan bagi para pencuri dengan konsumen, penadah menawarkan barang hasil curian tersebut sehingga memudahkan para pelaku tidak perlu repot-repot untuk mencari keuntungan. Tujuan dari penulisan skripsi ini ialah ingin megetahui bagaimana pandangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Hukum Pidana Islam terhadap tindak pidana penadahan. Jenis penelitian hukum normatif yang menggunakan metode pengumpulan data sekunder dengan cara penelitian kepustakaan (Library Research) dan jenis data yang digunakan meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Tindak pidana penadahan diatur didalam Bab XXX Buku ke-II Pasal 480, 481, 482 KUHP. Tindak pidana penadahan merupakan tindakan yang dilarang oleh hukum, faktor yang diduga yang melatar belakangi terdakwa melakukan tindak pidana penadahan pada putusan nomor 1341/Pid.B/2019/Pn Plg, ada dua yaitu faktor ekonomi dan faktor kesempatan, pertimbangan hakim menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana penadahan dalam putusan nomor 1341/Pid.B/2019/Pn Plg, yakni hakim terlebih dahulu mempertimbangkan fakta-fakta di persidangan melalui pertimbangan yuridis, sosiologis dan filosofis hakim menjatuhkan pidana penjara selama 1 (satu) tahun 6 (enam) bulan. Dalam hukum pidana Islam tindak pidana penadahan dihukum dengan jarimah ta’zir. Kata kunci: Tinjauan Hukum, Penadahan, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: EGA YOLANDA
Date Deposited: 19 Aug 2022 09:06
Last Modified: 19 Aug 2022 09:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21787

Actions (login required)

View Item View Item