Problematika Literasi Matematika Siswa pada Masa Pembelajaran Daring Students' Mathematical Literacy Problems during the Online Learning Period

Zulfiyani, Labib Abdillah and Abdurrahmansyah, Abdurrahmansyah and Rizqy, Dwi Amrina (2022) Problematika Literasi Matematika Siswa pada Masa Pembelajaran Daring Students' Mathematical Literacy Problems during the Online Learning Period. Gunung Djati Conference Series, 12. pp. 110-114. ISSN 2774-6585 (Submitted)

[img]
Preview
Text
Problematika Literasi Matematika Siswa pada Masa Pembelajaran Daring (2).pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

-Pada masa pembelajaran daring, terdapat hambatan pembelajaran matematika yang mempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan literasi matematis di masa pembelajaran daring. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis kajian pustaka (literature review). Temuan mengungkapkan bahwa ada banyak pendekatan untuk meningkatkan literasi matematika. Namun, peneliti hanya mempertimbangkan beberapa pilihan, yaitu dengan meningkatkan peran guru dengan meningkatkan pengetahuan terkait kemampuan literasi matematika siswa. Lalu menggunakan pembelajaran High Order Thinking, karena tidak hanya mencakup keterampilan berhitung tetapi juga bagaimana mengaplikasikan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana mengkomunikasikannya. Kemudian, menggunakan strategi pembelajaran Brain-Based Learning karena terdapat langkah-langkah yang melatih rasa ingin tahu yang akan merangsang kemampuan untuk menyelidiki dan menginterpretasikan masalah matematika di berbagai konteks. Serta menggunakan model pembelajaran Blended Learning karena menggunakan pembelajaran berbasis internet untuk membuat bahan ajar lebih mudah diakses dan dapat diakses setiap saat. Hal ini alam berarti siswa dapat berkomunikasi dengan guru secara daring di luar jam pelajaran.

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Aspek sosial dari pendidikan
Depositing User: ABDURRAHMANSYAH ABDURRAHMANSYAH
Date Deposited: 25 Aug 2022 15:36
Last Modified: 25 Aug 2022 15:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21895

Actions (login required)

View Item View Item