DAMPAK PENYULINGAN MINYAK TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP DI DESA TANJUNG KEPUTRAN KECAMATAN PLAKAT TINGGI KABUPATEN MUSI BANYUASIN (PERSPEKTIF ALEXANDER SONNY KERAF)

Oktaviani, Dwi (2022) DAMPAK PENYULINGAN MINYAK TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP DI DESA TANJUNG KEPUTRAN KECAMATAN PLAKAT TINGGI KABUPATEN MUSI BANYUASIN (PERSPEKTIF ALEXANDER SONNY KERAF). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
REVISIAN AKHIR.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dampak Penyulingan Minyak Terhadap Lingkungan Hidup di Desa Tanjung Keputran Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin (Perspektif Alexander Sonny Keraf)”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak penyulingan minyak terhadap lingkungan di Desa Tanjung Keputran. Secara utuh penelitian ini bertujuan memberikan analisis dalam paradigma etika lingkungan Sonny Keraf dalam membaca dampak penyulingan minyak tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif, sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Sumber data primer yaitu hasil dari wawancara dengan beberapa warga sebagai subjek penelitian seperti Kepala Desa, Tenaga Kesehatan, Perangkat Desa, Pengelola minyak, dan juga beberapa warga yang terkena dampak penyulingan minyak. Sedangkan sumber data sekunder penelitian ini adalah buku-buku, jurnal, dan juga dari dokumen-dokumen resmi. Adapun untuk pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara langsung, observasi lapangan. Setelah data-data berhasil didapatkan maka penulis menganalisis data-data tersebut untuk kemudian ditarik suatu kesimpulan, adapun teknik analisis data yang penulis gunakan adalah teknik deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini berupa pendeskripsian data dilihat dari konsep Etika Lingkungan Alexander Sonny Keraf dan menghasilkan bahwa dampak penyulingan minyak di Desa Tanjung Keputran tidak sesuai dengan konsep etika Sonny Keraf. Ketidak sesuaian itu diantaranya; tidak mengakomodir kecintaan terhadap alam di Desa Tanjung Keputran. tidak adanya rasa tanggung jawab terhadap alam, kurangnya rasa solider manusia terhadap ekosistem yang dibangun di desa tersebut. Tidak ada terlihat rasa kepedulian warga terhadap alam terutama di sekitar tempat penyulingan minyak. Dan juga sangat terlihat kegiatan penyulingan minyak tersebut berdampak merugikan dan mengancam eksistensi makhluk hidup lain seperti burung, manusia, tumbuhan. Sehingga sangat jelas bahwa alam dieksploitasi sebagai obyek sebagian manusia yang bekerja di penyulingan minyak tersebut. Maka dapat dipahami perilaku manusia yang tidak peduli terhadap lingkungan hidup sekitar dan tidak relevan sikap dan moralnya dengan al-Qur’an dan Hadist dalam melestarikan alam lingkungan. Kata Kunci : Dampak, Penyulingan, Lingkungan Hidup

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika, Filsafat Moral
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: DWI OKTAVIANI
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:22
Last Modified: 29 Aug 2022 01:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21958

Actions (login required)

View Item View Item