Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Perpangkatan dan Bentuk Akar Kelas IX Menggunakan Kriteria Jhon Watson

ARIANI, ANIS (2022) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Perpangkatan dan Bentuk Akar Kelas IX Menggunakan Kriteria Jhon Watson. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
ANIS FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perpangkatan dan bentuk akar menurut kriteria Jhon Watson. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas IX MTs Miftahul Ulum Telang Karya, yaitu satu siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dilihat dari nilai raport yang diperoleh. pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kriteria kesalahan yang banyak dilakukan oleh siswa berdasarka kriteria Watson adalah data tidak tepat (inappropriate data/id), prosedur tidak tepat (inappropriate procedural/ip), data hilang (omitted data/od), kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc), konflik level respon (response level conflict/rlc), manipulasi tidak langsung (unidrected manipulation/um), dan masalah herarki keterampilan (skills hierarcly). Dan kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh ketiga subjek penelitian adalah, kesalahan kesimpulan hilang, prosedur tidak tepat dan data hilang. Penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu siswa kurang paham dengan materi dan kurang teliti saat mengerjakan dan membaca soal. Kata kunci: Analisis kesalahan, perpangkatan dan bentuk akar, kriteria Jhon Watson

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, perpangkatan dan bentuk akar, kriteria Jhon Watson
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: ANIS ARIANI
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:50
Last Modified: 29 Aug 2022 01:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21963

Actions (login required)

View Item View Item