EFEKTIFITAS KKN PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEHIDUPAN KEAGAMAAN MASYARAKAT (Studi Kasus KKN Angkatan 73 UIN Raden Fatah Palembang Pada Tiga Desa Di Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan)

Riska, R EFEKTIFITAS KKN PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEHIDUPAN KEAGAMAAN MASYARAKAT (Studi Kasus KKN Angkatan 73 UIN Raden Fatah Palembang Pada Tiga Desa Di Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan). Jurnal SAA.

[img] Text
skripsi Riska Efektivitas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Banyak negara yang harus menanggung akibat dari dampak penyebaran covid-19. Kondisi ini mengisyaratkan beragam perubahan dan kontribusi masyarakat dari berbagai elemen masyarakat. Mahasiswa merupakan salah satu kontributor nyata dalam struktur masyarakat yang memiliki peran strategis dalam merangsang adanya perubahan. Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan kegiatan yang dilakukan mahasiswa melalui metode pembelajaran dan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat. Pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Raden Fatah tahun 2020 tetap mengupayakan kegiatan pengabdian dengan menselaraskan situasi dan kondisi Pandemi Covid-19. Setidaknya ada tiga jenis pengabdian yang diprogramkan LP2M (1) KKN dari rumah (KKN-DR), (2) KKN kerja sosial (KKN-KS), (3) KKN relawan wilayah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan KKN di masa Pandemi Covid-19, efektifitasnya terhadap keagamaan masyarakat dan faktor penyebab efektif dan tidak efektifnya pelaksanaan kegiatan KKN. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah dengan cara deskriptif kualitatif yaitu menyajikan data dan menguraikan materi-materi yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Pelaksanaan KKN-73 di tiga desa Kecamatan Sanga Desa terlaksanakan dengan baik, mahasiswa dapat aktif dalam pengabdian meskipun saat pandemi covid-19. Pelaksanaan KKN juga membantu masyarakat memahami bahaya covid-19 serta mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Namun dalam kehidupan keagamaan masyarakat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tidak seefektif sebelum pandemi. Ada dua faktor penyebab tidak efektifnya pelaksanaan KKN di masa pandemi terhadap kehidupan keagamaan masyarakat yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kata Kunci: Covid-19, Efektifitas, Kuliyah Kerja Nyata (KKN)

Item Type: Article
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Depositing User: RISKA
Date Deposited: 01 Sep 2022 08:56
Last Modified: 01 Sep 2022 08:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22154

Actions (login required)

View Item View Item