Keanekaragaman Serangga Hama Pada Tanaman Padi Varietas Inpari 42 di Desa Cahya Maju Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Sumbangsihnya Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA/MA

Dwi Puspa, Ira (2022) Keanekaragaman Serangga Hama Pada Tanaman Padi Varietas Inpari 42 di Desa Cahya Maju Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Sumbangsihnya Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Keanekaragaman merupakan banyaknya jenis atau spesies pada suatu wilayah tertentu yang saling terkait dan memiliki tugas berbeda untuk mencapai keseimbangan di suatu wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapati atau mengetahui spesies serangga hama serta keanekaragaman serangga hama yang ada di lahan padi varietas Inpari 42 di desa cahya maju kabupaten ogan komering ilir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan melalui eksplorasi, yaitu melihat atau mengambil sampel langsung dari lokasi penelitian. Sampel diambil dengan menggunakan jaring ayun (sweep net), perangkap nampan kuning (yellow pan trap) dan perangkap cahaya (light trap). Serangga ditangkap lalu dibawa ke laboratorium guna diidentifikasi. Menurut hasil penelitian, ada 7 spesies serangga hama yang dibagi menjadi empat ordo. Hasil analisis data terhadap indeks keanekaragaman serangga hama menggunakan rumus Shannon-Wienner diperoleh hasil (H’) sebesar 1.76 termasuk kategori sedang (1<H<2). Nilai indeks kekayaan jenis (R) Margalef diperoleh hasil sebesar 1,160 yang menurut Magguran, nilai indeks tersebut termasuk kategori kekayaan spesies rendah karna nilainya <3,5. penghitungan indeks dominansi (D) menggunakan rumus Simpsons diperoleh hasil sebesar 0,20 (nilainya mendekati 0) termasuk kategori rendah, yang artinya kondisi areal sawah padi varietas Inpari 42 cenderung stabil dan tidak ada serangga hama yang mendominasi. Sedangkan indeks kemerataan jenis (E) diperoleh hasil sebesar 0,90 (nilainya mendekati 1). Hasilnya berarti populasi akan mengindikasikan konsistensi atau kemerataan (total individu masing-masing genus bisa diartikan tidak jauh berbeda atau sama). Sumbangsih penelitian ini disumbangsihkan dalam bentuk poster sebagai media pembelajaran atau bahan pendidikan pada materi Keanekaragaman Hayati yang telah divalidasikan dengan kategori sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman, Padi Varietas Inpari 42, Serangga Hama, Poster
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: IRA DWI PUSPA
Date Deposited: 06 Sep 2022 01:54
Last Modified: 06 Sep 2022 01:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22186

Actions (login required)

View Item View Item