MANAJEMEN KOMUNIKASI PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN (Studi Kasus Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ogan Ilir)

SULAIMAN, SULAIMAN (2022) MANAJEMEN KOMUNIKASI PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN (Studi Kasus Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ogan Ilir). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Skripsi-Sulaiman-1657010197.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bencana kebakaran hutan dan lahan di indonesia sudah menjadi fenomena yang regional dan global terjadi hampir di setiap tahunnya di provinsi sumatera selatan palembang, khususnya di kota Indralaya kabupaten Ogan Ilir. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data-data yang kongkrit, peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Kebakaran hutan dan lahan ini mengganggu keamanan nasional dan memperlemah sistem pertahanan suatu negara. Juga merupakan ancaman bagi seluruh aspek kehidupan sehari-hari kita dan berdampak negatif pada berbagai kegiatan bermasyarakat, seperti akses transportasi sosial, ancaman kesehatan dan terhentinya kegiatan sosial masyarakat. Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan berfokus pada manajemen komunikasi penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (studi kasus badan penanggulangan bencana daerah kabupaten ogan ilir) manajemen komunikasi badan penanggulangan bencana daerah kabupaten ogan ilir sangat penting dalam hal ini, manajemen komunikasi merupakan bentuk dari kemampuan yang harus dimiliki oleh pemerintah dalam menghadapi tantangan dan masalah. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pelaksanaan manajemen komunikasi penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ogan Ilir antara lain perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan formasi (staffing), memimpin (leading) serta pengawasan (controlling) sudah berjalan dengan tugas dan peran masing-masing intansi. Hal ini bisa dilihat dari terlaksananya pebentukan program kerja jangka pendek dan program kerja jangka panjang serta pembuatan posko-posko pada saat musim kemarau panjang tiba, pengaturan sumber daya manusia, memotivasi dan memberikan simulasi atau pemberian contoh kepada tim relawan yang melaksanakan penanggulangan bencana serta melakukan evaluasi atau perbaikan kualitas dan kuantitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:33
Last Modified: 06 Sep 2022 02:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22230

Actions (login required)

View Item View Item