TRADISI UPACARA SEDEKAH PLIARON SEBAGAI KEPERCAYAAN TERHADAP "ANTU BANYU" DI DESA SERI KEMBANG KECAMATAN PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR

Dini, Rahmah (2022) TRADISI UPACARA SEDEKAH PLIARON SEBAGAI KEPERCAYAAN TERHADAP "ANTU BANYU" DI DESA SERI KEMBANG KECAMATAN PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI RAHMAH DINI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Tradisi Sedekah Pliaron sebagai Kepercayaan terhadap Antu Banyu di Desa Seri Kembang Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir”. Tradisi sedekah pliaron merupakan adat istiadat yang dilakukan secara turun temurun dan masih dilaksanakan sampai sekarang, serta masih dilestarikan oleh masayarakat Desa Seri Kembang Kecamatan Payaraman. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pelaksanaan dalam tradisi sedekah pliaron sebagai kepercayaan terhadap antu banyu Desa Seri Kembang, dan apa makna simbol dalam tradisi sedekah pliaron sebagai kepercayaan terhadap antu banyu Desa Seri Kembang. Sedangkan untuk tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetshui bagaimana proses pelaksanaan dan makna simbol dalam tradisi sedekah pliaron. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis data penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan dan sekunder, yang mana data primer dapat secara langsung dari tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat Desa Seri Kembang. Sedangkan data sekunder diambil dari buku dan jurnal yang didapat dalam bentuk offline dan online yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data dalam skripsi ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Maka penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa proses pelaksanaan dalam tradisi sedekah pliaron ada beberapa tahap. Mulai dari persiapan tempat, waktu dan benda atau bahan yang digunakan, kemudian pelaksanaan tradisi yang dilaksanakan pada siang hari dipimpin oleh seorang dukun, dan yang terakhir adalah tahap akhir yaitu makan bersama. Kemudian dalam tradisi ini memiliki simbol-simbol yang maknanya do’a serta harapan agar masyarakat Desa Seri Kembang terhindar dari antu banyu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama - Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: RAHMAH DINI
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:31
Last Modified: 07 Sep 2022 03:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22293

Actions (login required)

View Item View Item