ANALISIS PERBANDINGAN PENGARUH PEROLEHAN DANA AMIL DAN UKURAN LEMBAGA TERHADAP KINERJA KEUANGAN (PENELITIAN DI BAZNAS DAN DOMPET DHUAFA)

Pramito, Rohman Fajri Jalil (2022) ANALISIS PERBANDINGAN PENGARUH PEROLEHAN DANA AMIL DAN UKURAN LEMBAGA TERHADAP KINERJA KEUANGAN (PENELITIAN DI BAZNAS DAN DOMPET DHUAFA). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
A. Cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B. Abstrak.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
C. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
H. Daftar Pustaka.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian berjudul “Analisis Perbandingan Pengaruh Perolehan Dana Amil dan Ukuran Lembaga Terhadap Kinerja Keuangan (Penelitian di BAZNAS dan Dompet Dhuafa” berangkat dari fenomena dimana pada pernyataan PERPRES No 104 tahun 2020, BAZNAS mendapatkan bantuan APBN dari pemerintah untuk dana amil (operasional), sedangkan LAZ tidak mendapatkan bantuan dana APBN, LAZ hanya mengandalkan dana hak amil atas beberapa program yang LAZ lakukan untuk digunakan membiayai kegiatan operasional lembaga. Sesuai dengan hasil-hasil pada research gap bahwa dana operasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan dan ukuran lembaga berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Pada penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris apakah terdapat pengaruh dana amil (operasional) terhadap kinerja keuangan dan pengaruh ukuran lembaga terhadap kinerja keuangan serta perbandingannya antara kedua lembaga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel pada BAZNAS 10 data dan Dompet Dhuafa 10 data dengan total 20 data. Metode pengumpulan data adalah menggunakan laporan keuangan pada tahun 2011-2020 yang diambil melalui website resmi BAZNAS dan Dompet Dhuafa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji hipotesis, dan uji beda. Hasil penelitian menunjukan bahwa baik pada BAZNAS maupun Dompet Dhuafa, variabel dana amil dan ukuran lembaga pada kedua tempat penelitian, secara parsial maupun simultan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Tetapi secara perbandingan pada variabel ukuran lembaga dan kinerja keuangan memiliki perbedaan yang signifikan antara BAZNAS dan Dompet Dhuafa, namun pada variabel dana amil antara BAZNAS dan Dompet Dhuafa tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Adapun secara perbandingan pengaruh, pada variabel dana amil secara parsial terhadap kinerja keuangan, Dompet Dhuafa paling mendekati untuk dapat berpengaruh terhadap kinerja keuangan secara positif, sedangkan pada BAZNAS paling mendekati untuk dapat berpengaruh secara negatif ada pada BAZNAS dan untuk variabel ukuran lembaga secara parsial terhadap kinerja keuangan yang paling mendekati untuk dapat berpengaruh terhadap kinerja keuangan secara negatif ada pada BAZNAS. Kemudian untuk pengaruh secara simultan yang paling mendekati untuk dapat berpengaruh ada pada BAZNAS. Kata Kunci : Dana Amil, Dana Operasional, Kinerja Keuangan, Rasio Efisiensi Penghimpunan, Ukuran Lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Dana Amil, Dana Operasional, Kinerja Keuangan, Rasio Efisiensi Penghimpunan, Ukuran Lembaga. Amil Fund, Financial Performance, Institution Size, Operational Fund, and Raising Efficiency Ratio,
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: ROHMAN FAJRI JALIL PRAMITO
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:12
Last Modified: 08 Sep 2022 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22302

Actions (login required)

View Item View Item